Pendidikan & Kesehatan

Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di Kota Kediri Mulai 26 April 2021

foto/ilustrasi

Kediri (beritajatim.com) – Meskipun bulan Ramadan, pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Kediri tetap diberlakukan. Sesuai dengan rencana, PTM tersebut dimulai pada 26 April 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Siswanto menjelaskan, bulan puasa tak akan menggangu persiapan dilakukannya PTM. Menurut Siswanto, PTM diperlukan sebagai upaya Pemerintah Kota Kediri untuk kembali menghidupkan pendidikan secara normal. “Tidak ada masalah puasa atau tidak, tidak akan mengganggu uji coba PTM tahun ini,” katanya.

Dia mengungkapkan, penyesuaian kembali harus dilakukan oleh peserta didik dan guru. Karena sudah lebih dari 1 tahun mereka tidak mengadakan PTM di sekolah. Adaptasi juga harus dijalani oleh peserta didik baru tahun ajaran 2020-2021 kemarin karena pada saat awal tahun ajaran baru tidak ada PTM di sekolah atau lingkungan baru.

“Ya paling adaptasi harus dijalani oleh peserta didik baru yang belum sempat PTM saat mereka berpindah jenjang dari TK ke SD atau SD ke SMP. Tapi saya rasa itu tidak sulit karena semangat anak-anak untuk kembali bersekolah sangat bagus karena sudah lama tidak berada di sekolah,” imbuhnya.

Mengenai puasa sendiri, menurut Siswanto, tidak akan terganggu dengan PTM karena dalam sehari pertemuan di setiap kelas hanya sekitar 2 jam. Sisanya peserta didik menjalani pendidikan di rumah dengan mengerjakan tugas dari sekolah.

Selain itu Disdik dan sekolah memberikan keluwesan PTM uji coba untuk persiapan tahun ajaran baru 2021-2022 nanti. Orang tua atau wali murid tetap bisa menolak mengikuti PTM karena merasa masih belum aman atau masalah lainnya. [nm/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar