Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

UISI Kembangkan Laboratorium Virtual Digital

Gresik (beritajatim.com) – Untuk memenuhi kebutuhan industri dan teknologi digital di era 4.0, perguruan tinggi swasta Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) mengembangkan laboratorium virtual digital. Laboratorium tersebut bisa digunakan untuk pelatihan operator serta guidence merestrukturisasi industri dengan memanfaatkan alogaritma.

Anni Rachman selaku dosen Teknik Kimia UISI menuturkan, laboratorium ini bisa diterapkan di industri melalui simulasi secara virtual.

“Laboratorium ini mengadopsi dari Batan, dimana dalam setiap simulasinya memanfaatkan teknologi digital,” ujarnya, Rabu (11/05/2022).

Sementara Rektor UISI Prof Herman Sasongko mengatakan, keberadaan laboratorium digital ini semula digunakan untuk keperluan mahasiswa. Namun kedepannya dikembangkan buat mendapatkan revenue untuk pengembangan kampus.

“Ini juga sebagai auto pilotnya dikembangkan tidak hanya buat kepentingan kampus. Tapi juga untuk publik biar di era digitalisasi dimulai dengan nyata bukan abstraknya saja,” katanya di sela-sela Dies Natalis ke 9.

Selain mengembangkan laboratorium virtual digitalisasi, UISI juga akan membuka program studi (prodi) baru, yakni kedokteran dengan menggandeng Rumah Sakit Semen Gresik.

“Sekarang summit proposal prodi kedokteran sudah diajukan ke Dirjen Dikti. Bila tak ada kendala bulan September 2022 penerimaan mahasiswa kedokteran sudah dimulai,” kata Herman Sasongko.

Saat ini, lanjut dia, UISI sudah menggelar tatap muka perkuliahaan. Sebelumnya, mahasiswa tersebut hanya bisa menggelar kuliah dengan sistem daring imbas masih tingginya pandemi covid-19.

“Selama dua tahun kondisi pandemi, kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring. Namun, kegiatan terus berprogres dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” pungkasnya. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar