Pendidikan & Kesehatan

UIN KHAS Jember akan Punya Kampus di Atas Awan

Jember (beritajatim.com) – Setelah resmi beralih status menjadi Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq tahun ini, Institut Agama Islam Negeri Jember, Jawa Timur, akan membangun fasilitas tambahan di Kabupaten Lumajang.

Masalah luas lahan sempat jadi dipertanyakan pemerintah pusat saat verifikasi berkas persyaratan. Dalam proposal, luas lahan 180 ribu meter persegi. Pada akhir tahun lalu, ada tambahan dua hektare lahan.

Pemerintah mensyaratkan luas lahan 250 ribu meter persegi. Kekurangan persyaratan terpenuhi setelah Bupati Lumajang Thoriqul Haq memberikan hibah tanah seluas 50 hektare kepada IAIN Jember.

“Nantinya kami akan bangun Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Fakultas Teknik Pedesaan, Fakultas Kesehatan dan Psikologi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,” kata Rektor IAIN Jember Babun Suharto, Rabu (5/2/2020).

“Nanti kami akan punya kampus di atas awan. Konsep kami, mahasiswa masuk di kampus itu, dari semester pertama tidak boleh kos di luar. Mereka masuk, keluar sudah jadi sarjana,” kata Babun. Para dosen pun akan tinggal di asrama.

Tahun ini juga, Babun mengatakan, IAIN akan membangun gedung ‘vertical garden’ di kampus pusat di Kabupaten Jember. “Kalau kita berjalan di atasnya, kita berjalan di atas taman. Tapi di bagian bawah ada dua kelas perkuliahan. Ini kelas vertical garden pertama di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri,” jelasnya, memperkirakan akan ada 100 kelas yang dibangun. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar