Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Safari Rahmat Ramadan 1443 Hijriah

UDD PMI Pamekasan Yakin Realisasikan Target 1.500 Kantong Darah

Suasana Donor Darah UDD PMI Pamekasan, di area Monumen Arek Lancor Pamekasan. [Gambar: PMI Pamekasan]

Pamekasan (beritajatim.com) – Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, optimistis dapat merealisasikan target sebanyak 1.500 kantong darah pada pelaksanaan donor darah dalam giat Safari Rahmat Ramadan 1433 Hijriah.

Terlebih dalam giat yang digelar pasca salat tarawih selama Ramadan 1443 Hijriah, mendapat respon positif dari masyarakat khususnya para pendonor. Apalagi giat tersebut digelar di pusat kota Pamekasan, yakni di area Monumen Arek Lancor.

Terlebih pada pekan kedua Ramadan, terdata sebanyak 1.009 kantong darah sudah terkumpul selama pelaksanaan Safari Rahmat Ramadan. Termasuk hasil donor darah yang dilaksanakan di sejumlah titik lain di luar pusat kegiatan donor darah, seperti di kantor desa/kelurahan, serta masjid dan mushalla.

“Sejak awal giat Safari Rahmat Ramadan 1433 Hijriah, kita sudah mengumpulkan sebanyak 1.009 kantong darah. Belum termasuk hasil donor darah pada malam ini,” kata Kepala UDD PMI Pamekasan, dr Achmad Syafirullah kepada beritajatim.com, Jum’at (22/4/2022) malam.

Bahkan pria yang akrab disapa dr Syafi juga mengaku sangat optimistis bisa merealisasikan target sebanyak 1.500 kantong darah dalam pelaksanaan Safari Rahmat Ramadan 2022. “Kami memang sangat optimis bisa merealisasikan target pengumpulan darah,” ungkapnya.

“Hanya saja, saat ini kebutuhan masyarakat akan darah juga relatif tinggi, sehingga ketersediaan kantong darah juga masih belum sepenuhnya stabil. Dari itu, kita harus bekerja keras dan memutar otak untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang ada,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan jika giat Safari Rahmat Ramadan tersebut, sebagai upaya untuk mengantisipasi kekutangan stok darah sekaligus dapat memenuhi kebutuhan kantong darah selama Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Melalui kegiatan (Safari Rahmat Ramadan) ini, kami sangat berharap masyarakat secara umum dan khususnya para pendonor yang belum melakukan donor, agar kembali berdonor. Selain demi kesehatan juga demi kemanisiaan dan membantu sesama,” jelasnya.

Bahkan dalam giat tersebut, pihak UDD PMI Pamekasan juga menyiapkan bingkisan paket sembako dan minyak goreng bagi para pendonor. “Untuk tahun ini, bingkisan kita fokiskan pada minyak goreng karena berdasar kebutuhan masyarakat yang sangat mendesak,” tegasnya.

“Dari itu kami sangat berharap mudah-mudahan giat ini bisa mendapat dukungan dari khalayak masyarakat Pamekasan, sehingga kegiatan Safari Rahmat Ramadan kali ini berjalan lancar, serta kebutuhan stok darah di Pamekasan, tetap bertahan dan bahkan lebih baik,” harap dr Syafi.

Tidak kalah penting, pihaknya juga mengajak masyarakat khususnya para pendonor untuk ikut serta mensukseskan kegiatan Safari Rahmat Ramadan 1443 Hijriah. “Jadi bulan Ramadan ini merupakan momentum tepat untuk berbagi dengan sesama, termasuk melalui aksi sosial donor darah,” pungkasnya. [pin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar