Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Ubaya Gelar TPA dan Sediakan Beasiswa Kuliah Untuk Siswa SMA di Kupang

Kupang (beritajatim.com) – Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar Tes Potensi Akademik (TPA) di SMA Kristen Pandhega Jaya, Kabupaten Kupang, NTT, Sabtu (1/10/2022). Kegiatan tersebut diikuti 22 siswa kelas XII yang terdiri dari 15 siswa SMA Kristen Pandhega Jaya dan tujuh siswa dari SMA Kristen Indonesia Sejahtera (ISRA), Kabupaten Rote Ndao.

Sehari sebelum pelaksanaan, tim sudah mempresentasikan profil Ubaya kepada seluruh siswa mulai dari kelas X hingga kelas XII. Hal itu dilakukan agar mereka mendapatkan informasi lebih detail terkait program studi dan gambaran perkuliahan di Ubaya.

Mulai dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, dan Fakultas lain yang menjadi incaran siswa di sekolah ini.


“Semangat betul murid di sekolah ini. Begitu selesai presentasi, mereka antusias bertanya mulai dari fasilitas hingga beasiswa yang diberikan,” ungkap Direktur Marketing and Public Relation Ubaya, Hayuning Purnama.

Kepala Sekolah SMA Kristen Pandhega Jaya, Samuel Pura Ngunju Meha menjelaskan, pihaknya mendapat kesempatan spesial karena hubungan baik yayasan dengan Ubaya.

“Ubaya telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menyelenggarakan tes kali pertama di Kabupaten Kupang,” ungkapnya.

Kerjasama ini, lanjut Samuel, tentu tidak berhenti pada proses TPA. Menurutnya, ini menjadi awal implementasi kerjasama khusus antara Ubaya dengan SMA Kristen Pandhega Jaya.

Ia menambahkan, sebagai sekolah umum kristen berasrama terbaik di Kupang, pihaknya tentu juga memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung anak didiknya meraih mimpi dan mengejar cita-cita setinggi-tingginya melalui pendidikan formal terbaik.

“Harapannya dengan diadakan TPA, ada siswa yang lolos dan berkuliah di kampus swasta terbaik di Jawa Timur versi QS Asia Rangking University 2022. Ke depan siswa yang diterima kuliah di Ubaya dapat memberikan motivasi kepada adik kelasnya dan semakin banyak siswa dari SMA Kristen Pandhega Jaya yang mendapat kesempatan berkuliah di Ubaya,” katanya.

Sedangkan peserta TPA, sekaligus Wakil Ketua I OSIS SMA Kristen Pandhega Jaya, Alfandro Umbu Manaji berharap dirinya bisa lolos dari ujian ini. Dirinya mengaku sudah mengikuti tes sebelumnya di kampus lain.

“Jadi kali ini lebih siap dan berhati-hati dalam mengerjakan. Dengan Ubaya lakukan tes di sekolah, saya dan teman teman jadi terbuka wawasan dunia perkuliahan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Ubaya melalui kerjasama khusus dengan SMA Kristen Pandhega Jaya, salah satunya mengadakan TPA untuk penerimaan mahasiswa baru. Kerjasama ini dilakukan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi siswa-siswi untuk menempuh jenjang pendidikan tinggi di Ubaya.

Melalui pemberian beasiswa, Ubaya berharap siswa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya karena beasiswa yang diberikan mencapai 100 persen. Baik untuk USP (Uang Sumbangan Pendidikan), hingga UPP (Uang Penyelenggaraan Pendidikan). [ipl/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar