Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Ubaya Duduki Peringkat 1 PTS Jawa Timur Versi QS Asia 2021

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Surabaya (Ubaya) menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Jawa Timur dan Indonesia Timur versi QS Asia University Rankings 2021.

Pencapaian tersebut merupakan pengakuan pihak luar terhadap reputasi sekaligus kualitas pendidikan Ubaya sebagai PTS di Jawa Timur dan Indonesia. Lembaga pemeringkatan universitas dunia QS World University Rankings menampilkan data pemeringkatan universitas Asia terbaik dalam QS Asia University Rankings 2021 bahwa sebanyak 11 PTS berhasil menjadi kampus terbaik di Indonesia, termasuk Ubaya. UBAYA berada di posisi teratas sebagai PTS terbaik di Jawa Timur dan menempati peringkat 8 sebagai PTS terbaik se-Indonesia, Kamis (26/8/2021).

Rektor Ubaya, Benny Lianto menyampaikan bahwa pengakuan tersebut menjadi bukti bahwa UBAYA memiliki kualitas pendidikan yang tidak kalah bagus dengan perguruan tinggi negeri (PTN) di Jawa Timur bahkan Indonesia. Pengakuan ini dimaknai sebagai konsekuensi yang diterima dari kualitas sumber daya manusia (SDM), kurikulum pembelajaran, hingga pendidikan karakter yang sedang menjadi fokus Ubaya saat ini.

“Ubaya terus melakukan perbaikan di berbagai aspek sebagai upaya peningkatan kualitas mutu pendidikan serta penunjang yang lain, sehingga reputasi kampus semakin diakui secara global. Upaya tersebut juga dilakukan untuk mencetak lebih banyak SDM atau generasi unggul yang berkualitas, berkarakter dan berintegritas,” ungkap Benny Lianto.

Benny Lianto mengatakan jika saat ini sumber pengetahuan sangat banyak dan bisa didapat dari mana saja, namun berbeda dengan pendidikan karakter. Pembentukan karakter harus dilakukan dengan mengikuti program pendidikan yang berkualitas dan sistematis. Tujuannya agar mahasiswa bisa belajar beradaptasi dengan lingkungan yang selalu berubah, mempunyai tujuan yang jelas untuk masa depan dan melatih soft skills mereka.

“Jika seseorang itu pandai sekali tetapi tidak punya karakter yang bagus maka akan sia-sia. Ini yang berbeda dan menjadi warna proses pendidikan di Ubaya. Jika ini dikerjakan dengan baik serta berkualitas maka pengakuan, peringkat dan reputasi kampus juga akan naik. Ubaya tidak mengejar ranking, kita berupaya memberikan yang terbaik dan hasil itu dihargai pihak luar melalui ranking,” jelasnya.

Saat ini Ubaya sebagai The Best Private University in East Java menurut QS Asia University Rankings 2021 berkomitmen akan terus memberikan pendidikan yang berkualitas, berintegritas dan berkarakter di semua aspek kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Langkah tersebut adalah bentuk tanggung jawab Ubaya sebagai perguruan tinggi dalam menjaga kepercayaan masyarakat untuk menghasilkan SDM unggul yang tanggap akan perubahan di masa depan. Kegiatan Ubaya Summer Program yang diikuti ribuan mahasiswa asing dari berbagai kampus ternama luar negeri menunjukkan bahwa reputasi Ubaya telah dikenal tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional.

“Semoga pengakuan ini memotivasi civitas academica Ubaya untuk tetap semangat, bekerja secara aktif dan produktif sehingga mampu menghasilkan karya inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” pungkas Benny Lianto. [adg/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar