Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

UB Malang Jadi Tuan Rumah Pekan Seni Mahasiswa Daerah 2022

Pembukaan Peksiminas di Universitas Brawijaya

Malang (beritajatim.com) – Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) akan berlangsung di Universitas Brawijaya (UB) Malang selama enam hari kedepan, dari Senin (29/8/2022) hingga Sabtu (03/09/2022). Peksimida merupakan perlombaan yang menjaring mahasiswa bertalenta di bidang seni dan budaya untuk nantinya dikirim pada kompetisi Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2022.

Peksimida berlangsung secara hybrid dengan pembukaan yang diadakan di Gedung Samantha Krida, Senin 29 Agustus 2022 oleh wakil Rektor 3 UB, Prof Abdul Hakim, M.Si. Dalam sambutannya dia berharap agar juri bisa seobjektif mungkin dalam penilaian.

“Kami berharap bapak ibu dewan juri dapat melakukan penilaian seobjektif mungkin, menjaga independensinya sebaik mungkin, karena kami hanya memanggil juara 1 Peksimida untuk tampil di Peksiminas, tidak ada seleksi lagi setelah PEKSIMIDA,” kata Prof Abdul Hakim saat sambutan.


Dia juga menjelaskan jika pelaksanaan Peksiminas pada Oktober mendatang Universitas Brawijaya akan kembali jadi tuan rumah. “Jadi kalau juara, perguruan tinggi bersama rekan Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Jawa Timur melakukan pembinaan untuk persiapan mengikuti Peksiminas tahun 2022, yang insyaallah Universitas Brawijaya akan menjadi tuan rumahnya untuk 15 cabang lomba,” imbuhmya.

Brdasarkan arahan Peksiminas dan hasil dari studi banding ke Institut Seni Indonesia Yogyakarta, kata Prof Hakim, UB diingatkan agar Peksiminas dilaksanakan perguruan tinggi penyelenggara. “Karena jika harus dilakukan di berbagai tempat akan memakan banyak biaya untuk transport peserta, oleh karena itu kami akan menyiapkan Peksiminas selama dua bulan untuk menyiapkan sarana dan fasilitas,” jelasnya.

Kegiatan ini diikuti sekitar 326 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa timur. Nantinya juara 1 akan dilakukan pembinaan untuk melanjutkan ke ajang Peksiminas Oktober mendatang. Peksiminas merupakan gelaran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diadakan setiap dua tahun sekali. [dan/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar