Pendidikan & Kesehatan

UB Bakal Terima 14 Ribu Lebih Mahasiswa Baru di 2020

Wakil Rektor I UB, Bidang Akademik, Aulani'am.

Malang(beritajatim.com) – Universitas Brawijaya (UB) Malang bakal membuka kuota sebanyak 14.310 mahasiswa baru (maba) pada 2020 ini. Jumlah ini mengalami penurunan sebanyak 9 persen dari total tahun lalu sebanyak 14.590 maba.

Wakil Rektor I UB, Bidang Akademik, Aulani’am mengungkapkan kuota maba menurun karena mempertimbangkan rasio dosen dengan mahasiswa. Karena saat ini banyak dosen UB yang sedang menempuh sekolah.

“Jumlah 14.310 orang tersebut rinciannya terdiri dari jalur Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 30 persen atau sekitar 4.300 orang. Jalur Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebesar 40 persen atau sekitar 5.724 dan dari jalur Mandiri sebesar 30 persen atau sekitar 4.286 orang,” papar Aulani’am, Kamis, (27/2/2020).

Aulani’am mengatakan saat ini data terbaru tercatat sudah ada 30.060 calon maba yang daftar melalui jalur SNMPTN. Untuk mendaftar melalui jalur SNMPTN calon maba harus melakukan registrasi melalui website snmptn.ac.id yang akan ditutup pada hari ini pukul 23.59 WIB.

“Untuk pendaftaran SBMPTN dilaksanakan mulai 7 Februari sampai 5 April 2020. Tapi harus lebih dulu melakukan registrasi melalui website resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Saya juga mengingatkan kepada calon maba agar fokus dalam memilih prodi yang dia inginkan jangan coba-coba. Karena jika diterima jalur SNMPTN tidak bisa lagi ikut jalur SBMPTN,” tandas Aulani’am.

Dia mengimbau calon maba untuk tidak melakukan daftar ulang di saat diterima salah satu Perguruan Tinggi melalui jalur SNMPTN. Sebab, Pada tahun-tahun sebelumnya sebanyak 3 persen calon maba tidak melakukan daftar ulang. Sedangkan di tahun 2019 tidak sampai satu persen yang tidak daftar ulang. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar