Pendidikan & Kesehatan

Tugas Berat Relawan Pamekasan di Tengah Pandemi Covid-19

Sejumlah relawan Pamekasan melakukan rapid test yang digelar Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Pamekasan.

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah relawan Pamekasan bekerja ekstra keras melakukan berbagai aksi sosial di tengah pendemi Covid-19, sekalipun mereka harus berhadapan dengan berbagai konsekuensi yang cenderung beresiko tinggi.

Namun kondisi tersebut tidak memghalangi mereka untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat, salah satunya melalui aksi sosial yang memberikan dampak langsung kepada masyarakat. Khususnya di tengah pandemi virus corona.

“Aksi kemanusiaan merupakan tugas dan kewajiban kami sebagai relawan, sehingga kami tetap berupaya dan komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” kata Koordinator Forum Relawan Pamekasan, Wahyudi, Selasa (23/6/2020).

Selain itu, mereka juga melakukan beragam aksi sosial di tengah pendemi Covid-19. Padahal posisi mereka sebagai relawan juga sangat rentan tertular dengan wabah. “Berbagai langkah antisipasi sudah kami lakukan, salah satunya dengan tetap menjaga diri untuk selalu berada dalam kondisi fit dan siap terjun langsung ke lapangan,” ungkapnya.

“Hal itu kami lakukan sebagai langkah antisipatif, sekaligus upaya melakukan pencegahan sejak dini. Sehingga berbagai upaya tetap kami lakukan, salah satunya dengan mempersiapkan diri dengan berbagai langkah sebelum terjun ke lapangan. Seperti melakukan rapid tes dan lainnya,” imbuhnya.

Tim KSR PMI Pamekasan saat melakukan aksi sosial penyemprotan cairan disinfektan, guna mencegah penyebaran Covid-19.

Hal senada juga disampaikan salah satu relawan yang tergabung dalam Korp Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, Pilar Imam Hakiki. Di mana pihaknya selalu mempersiapkan diri saat hendak terjun ke lapangan untuk membantu masyarakat yang tersebar di berbagai wilayah di Pamekasan.

“Segala persiapan tentunya kita persiapkan untuk memberikan yang terbaik, tentunya harus dimulai dengan kita sebelum terjun ke lapangan. Apalagi saat ini kita bertugas di tengah pendemi Covid-19 yang menyebar di berbagai wilayah di Pamekasan,” jelasnya.

Salah satu langkah antisipatif yang mereka lakukan saat terjun ke lapangan, yakni dengan mengenakan beragam perlengkapan resmi sesuai prosedur. “Jadi selain mempersiapkan kondisi tubuh seluruh personil, kita juga menyiapkan seluruh personil dengan beragam perlengkapan sesuai ketentuan,” tegas Pilar.

Sementara Jubir Tim Satgas Covid-19 Pamekasan, Sigit Priyono menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi aksi para relawan yang tetap ansih memberikan yang terbaik, khususnya di tengah pandemi Covid-19. “Terima kasih kami sampaikan kepada rekan-rekan relawan yang sudah bersama dan berjuang ekstra keras dalam mencegah penyebaran pandemi ini,” ungkapnya.

“Dari itu kami berharap aksi ini juga mendapat dukungan dari masyarakat secara umum, tentunya sebagai upaya mengantisipasi serta mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya dengan tetap dan selalu menerapkan protokol kesehatan, rajin cuci tangan, jaga jarak hingga selalu mengenakan masker,” pungkasnya. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar