Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Trenggalek Jadi Salah Satu dari 39 Daerah Penempatan Lulusan PKN STAN

Trenggalek (beritajatim.com) -Trenggalek menjadi salah satu daerah yang menjadi penempatan lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN tahun 2021. Sesuai keterangan dari Sekjen Kementrian Keuangan, Heru Pambudi dalam penandatanganan MoU kerjasama bersama Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin secara virtual, ada sebanyak 78 instansi yang menjadi penempatan ini.

Dari 78 instansi tersebut, 39 diantaranya kementrian dan lembaga. Sedangkan 39 instansi lainnya adalah pemerintah daerah, salah satunya Kabupaten Trenggalek. Selain itu 90 persen dari lulusan atau 1.765 akan ditempatkan pada kementrian dan lembaga. Sedangkan 10 persen nya ditempatkan di daerah.

Bupati Trenggalek menyambut baik hal ini, apalagi secara keilmuan lulusan PKN STAN sangat expert dibidang administrasi keuangan. Dal hal tersebut sangat dibutuhkan daerah untuk bisa mewujudkan pemerintahan yang transpqran dan akuntabel.

“Teman-teman STAN ini secara keilmuan, punya basic administrasi keuangan negara, sehingga adapun regulasi dan yang lainnya, mereka pasti sangat paham,” tutur Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin usai penandatanganan MoU tersebut.

“Kami berharap ini bisa mendukung daerah lebih transparan dan akuntabel dalam mengelola keungan. Kita butuh SDM-SDM yang seperti ini,” tandasnya.

Eko Juniati, Kepala BKD Trenggalek menambahkan, pihaknya mengusulkan sebanyak 16 personil lulusan PKN STAN kepada Kmentrian Keuangan. 16 personil ini sesai dengan peta jabatan dan kebutuhan formasi yang ada.

“Sesuai usulan kita, sebanyak 16 personil, baik itu untuk auditor, kemudian pengelolaan keuangan dan pengelolaan aset. Penempatan PKN STAN sendiri sudah sesuai dengan kualifikasi ijazah mereka. Jadi kita tidak akan menempatkan pada tempat yang lain,” tuturnya.

Sementara itu, khususnya untuk auditor, lanjut Eko menerangkan formasi yang diusulkan Trenggalek, keuangan dan aset ada di Inspektorat dan Bakeuda.

“Masa pandemi kita perlu memanfaatkan kondisi keuangan secara efektif dan tepat sasaran. Untuk itu diperlukan SDM yang mumpuni. Maka dari ini Kemenkeu menginisiasi penempatan lulusan PKN STAN ini. Sehingga dengan begitu dapat membantu pemerintah dalam hal ini kementrian, lembaga maupun pemerintah daerah,” ucap Sekjen Kementrian Keuangan, Heru Pambudi menambahkan.

Hal tersebut sebagai bentuk kontribusi yang bisa dlakukan oleh Kementrian Keuangan kepada pemerintah daerah, yaitu dengan menempatkan lulusan terbaiknya kepada pemerintah daerah. Sekaligus penempatan kesesuaian dengan disiplin ilmu yang diemban oleh lulusan STAN. [nm/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar