Pendidikan & Kesehatan

Trend Kuliah Sambil Kerja Harus Seimbang, Ini Rahasianya

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Teknologi Surabaya membeberkan rahasia sukses bekerja sambil kuliah. Hal itu dilakukan dalam gelaran seminar daring ‘Kiat Sukses Kuliah Sambil Kerja’.

Agus Purbo Widodo, Wakil Rektor Senior Universitas Teknologi Surabaya mengungkapkan jika seminar ini terinspirasi dari banyaknya masyarakat yang tidak bisa menikmati pendidikan tinggi dikarenakan harus bekerja.

“Sedangkan sesungguhnya setiap individu memiliki kesempatan belajar tanpa hambatan apapun,” katanya.

“Implementasi praktisnya siapapun bisa mendaftar menjadi mahasiswa kapanpun, bebas mengambil mata kuliah, bebas menyelesaikan pendidikannya tanpa batas waktu. Semoga dengan seminar ini mampu meningkatkan motivasi peserta dalam menjalankan aktivitas kuliah diantara aktivitas pekerjaan,” tambah Agus.

Narasumber yang memberikan materi dalam seminar ini, menurut Agus, juga bukan orang sembarangan. “Dua orang pembicara adalah Doktor Heru Sudarsono yang merupakan dosen di UTS dan Doktor Rukin yang juga Wakil Rektor UTS. Seminar ini pun dimoderatori Rahmatul Khasanah yang juga dosen UTS,” bebernya.

Lebih lanjut, Agus membocorkan sedikit materi seminar yang dilakukan. Menurutnya, ada beberapa strategi kunci untuk bisak sukses kuliah sambil bekerja.

“Apa saja? Pertama, ambil jurusan sesuai pekerjaan anda. Kedua, cari kampus dengan kelas daring. Ketiga, perhatikan biaya kuliahnya. Keempat, ungkapkan pada perusahaan tempat bekerja jika anda kerja sambil kuliah. Kelima, istirahat cukup. Keenam, performa dan produktivitas sama sekali tak boleh terganggu,” pungkas Agus.[way/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar