Pendidikan & Kesehatan

Transmisi Lokal Penyebab Resiko Tinggi Penularan Covid-19 di Lumajang

Lumajang (beritajatim.com) – Kabupaten Lumajang memprediksi akan terjadi kenaikan kasus covid-19 hingga kembali memasuki zona merah. Hal ini disebabkan penularan terjadi karena transmisi lokal.

“Ini dikarenakan pasien covid di rumah sakit sangat tinggi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Bayu Wibowo saat dihubungi beritajatim.com, Senin (16/11/2020).

Masih kata dia, apalagi rumah sakit di Lumajang mengalami overload pelayanan karena pasien harus dirawat intensif. Namun, saat ini masih terkendali dan terus dilakukan uji laboratorium untuk mengetahui kondisi terkini pasien. “Untuk penanganan pasien dilakukan tim rumah sakit,” jelasnya.

Data sementara sebaran covid-19, konfirmasi 1115, Aktif 150, sembuh 844 dan meninggal 121. Untuk Suspek sebanyak 79, probable 5, diisolasi 79 dan discarded sebanyak 880.

Dinkes bersama jajaran Puskesmas Kecamatan dan pembantu terus melakukan sosialisasi untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan saat beraktivitas. Salah satunya tetap menggunakan masker dan jaga jarak. “Tingginya penularan diduga transmisi lokal, karena tidak tertib dalam penggunaan masker,” terang Bayu.

Untuk warga tertular covid-19 di Lumajang didominasi untuk Umur 40 tahun keatas. Dikarenakan usia tersebut sangat rawan tertular dan faktor kesehatan tubuh rendah. “Tetap perhatikan prokes, itu intinya,” pungkasnya. (har/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar