Pendidikan & Kesehatan

TPP Sidoarjo Apresiasi Peran Polresta Tangani Pandemi Covid-19

Sidoarjo (beritajatim.com) – Koordinator Tim Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Sidoarjo Ulul Azmi memberikan apresiasi kepada Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji atas perannya dalam pencegahan dan penanganan pendemi Corona Virus Disiase (Covid-19) bersama relawan desa.

“Kami mengapresiasi peran Kapolresta Sidoarjo yang dengan cepat dan tepat menurunkan anggotanya Bhabinkamtibmas dalam pencegahan dan penanganan Covid-19, bersama relawan yang ada di desa,” katanya Rabu (3/6/2020).

Dia menambahkan, bersama relawan desa lawan Covid-19, Bhabinkamtibnas, Bhabinsa dan tim kesehatan telah melakukan langkah-langkah preventif yaitu dengan cara sosialisasi protokol kesehatan di tempat-tempat umum seperti warung, pasar, masjid dan masyarakat desa setempat.

“Sejak dibentuknya relawan desa lawan Covid-19, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa sangat aktif membantu pemerintah desa dalam pencegahan dan penanganan Covid-19,” terang Ulul.

Menurut Ulul, kegiatan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa itu merupakan langkah nyata upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Langkah nyata Polri dan TNI itu juga ditunjukkan dengan penyemprotan desinfektan, mendampingi linmas di portal desa, turut serta bersama relawan desa dalam pengawalan realisasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

“Dengan peran aktif Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa ini persoalan keamanan seperti pemukulan perangkat di desa Sebani Kecamatan Tarik, keributan warga baik di desa maupun di medsos atas carut-marutnya data bantuan dari Pemkab Sidoarjo, dapat diselesaikan dengan baik,” jelasnya.

Koordinator pendamping desa Kabupaten Sidoarjo itu mengungkapkan peran aktif Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa itu sebagai wujud kepedulian TNI dan Polri dalam melindungi warganya. Hal itu bertujuan agar upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 yang ada di desa dapat berjalan dengan baik, tertib dan keamanan tetap terjaga.

Disisi lain Ulul Azmi sangat berharap peran ketua Gugus Tugas kabupaten Sidoarjo memahami Surat Edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 yang mana surat tersebut sudah dipertegas oleh Surat Edaran Sekda kabupaten Sidoarjo.

“Kami berharap kepada ketua Gugus Tugas kabupaten Sidoarjo. Apa saja yang dibutuhkan oleh relawan tanggap Covid-19 di desa sebagaimana Surat Edaran Sekda kabupaten Sidoarjo harus difikirkan,” harap mantan Ketua Panwaskab Sidoarjo itu. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar