Pendidikan & Kesehatan

Tokoh Nasional dan Internasional Meriahkan Penutupan Pekan Ngaji 5

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah tokoh nasional hingga internasional menghadiri penutupan international event bertajuk Pekan Ngaji 5 Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Sabtu (18/1/2020) malam.

Para tokoh tersebut merupakan para pemateri yang diundang untuk mengisi berbagai materi prorgam tahunan. Mereka merupakan tokoh dari bidang akademisi hingga praktisi yang bergantian mengisi program ngaji yang digelar sejak Rabu (8/1/2020) lalu.

Para tokoh internasional yang menyempatkan diri hadir dan memenuhi undangan tersebut, di antaranya Sayyid Syarif Adnan Talidy El-Hasany (Maroko), Syeikh Dr Mahir Hasan Al-Munajjid dan Syaikh Dr Syady Mushthofa ‘Arbasy (Syiria), Syekh Dr Tageldin Ahmed Saeed Abbas (Sudan), Syekh Dr Mohamed Elhusseiny Farag (Mesir) serta Syekh Samih Al-Khuhaly (Yaman).

Selain itu juga hadir Dr Haji Hambali Bin Haji Jaili (Brunai Darussalam), Dr Mohd Shahid Bin Mohd Noh (Malaysia), Dr Tuan Haji Toifur (Singapura), serta Prof Hamdullah Marazzi (India), Datok Anwar Ibrahim, serta sejumlah tokoh lain dari negara berbeda.

Bahkan pada fase pamungkas program Pekan Ngaji, panitia pelaksana juga menghadirkan sejumlah tokoh nasional. Di antaranya Fahri Hamzah, Gatot Normanyanto, Sandiaga Sholahuddin Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, serta sejumlah tokoh lainnya.

“Kegiatan ini merupakan malam puncak dari kegiatan ngaji yang kita gelar selama 10 hari terakhir, ada 35 seminar (program ngaji) dengan melibatkan pemateri profesional dan ada juga yang dari luar negeri. Bahkan para santri maupun masyarakat umum boleh belajar dan semuanya gratis,” kata salah satu Dewan A’wan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, KH M Thohir Zain Abd Hamid.

Selain itu pihaknya menegaskan kegiatan tersebut sengaja digelar gratis bagi santri, alumni maupun masyatakat umum. “Tidak kalah penting melalui kegiatan ini, kami juga ingin menyampaikan sepurar sejarah tentang pesantren yang akan kita tampilkan melalui vidoe pendek karya para santri,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, kegiatan penutupan even tahunan yang ditempatkan di halaman madrasah kompleks pesantren di Jl KH Abd Majid dihadiri puluhan ribu hadirin. Baik dari kalangan santri, alumni, para undangan hingga masyatakat umum.

Untuk menyaksikan jalannya clossing ceremony yang berlangsung meriah, sebagian hadirin juga harus rela berdesakan hingga menyaksikan dari gedung berlantai melalui videotron yang disiapkan panitia di sisi kanan kiri panggung utama. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar