Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

TNI dan Unair Jalin Kerjasama Untuk Pendidikan Dokter Spesialis

Surabaya (beritajatim.com) – Tenaga medis terutama dokter spesialis untuk Rumah Sakit TNI masih cukup minim. Rumah Sakit TNI saat ini masih memiliki 482 dokter spesialis yang tersebar di seluruh Indonesia.

Terkait hal itu, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dengan Rektor Universitas Airlangga, Prof Moh Nasih di kampus C Unair, Jumat (4/2/2022).

Jenderal Andika mengungkapkan rumah sakit yang dimiliki TNI saat ini harusnya memiliki 939 dokter spesialis, tapi baru tersedia 482 dokter spesialis. “Sehingga baru 46 persen dokter spesialis yang terpenuhi,”ujarnya.

Iapun mencontohkan kekurangan tenaga spesialis di RS TNI yang ada di Merauke yang merupakan rumah sakit kelas D. Tetapi jumlah dokter hanya ada 12 orang dokter spesialis dengan 1 dokter umum. “Dan kami baru tahu setelah ada evaluasi covid, dan akhirnya baru kami tambahkan 24 tenaga kesehatan karena banyak anggota dan keluarganya di Merauke,”urainya.

Dengan minimnya tenaga spesialis ini, pihaknya berharap melalui kerjasama ini maka pihaknya bisa mengirimkan dokter umum untuk belajar spesialis ke Unair.

Sementara itu, Rektor Unair, Prof Moh Nasih mengungkapkan jumlah dokter spesialis dan dokter umum jika dirasiokan dengan jumlah penduduk Indonesia masih cukup tinggi. Dengan kata lain beban dokter cukup besar. “Dari sekian provinsi di Indonesia, baru ada belasan provinsi yang jumlah spesialisnya cukup. Namun, meskipun cukup masih ada disparitas yang tinggi antar kota dan kabupaten,”urainya.

Di Jawa Timur,lanjutnya, disparitas ini terlihat dengan dokter spesialis yang berkumpul di Surabaya sementara di kota kabupaten lain seperti Pacitan masih kurang dokter spesialisnya. “Harapannya, dengan kerjasama ini nantinya akan ada tenaga-tenaga yang bisa ditempatkan secara strategis di daerah,”lanjutnya.

Untuk kerjasama ini, prof Nasih menjelaskan ada sembilan program studi PPDS yang siap menerima mahasiswa baru dari lingkungan TNI pada tahun 2022. [kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar