Pendidikan & Kesehatan

Tingkatkan Perekonomian Warga Melalui Peran Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial

Kediri (beritajatim.com) – Desa Pesing, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri telah memiliki Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial. Perpustakaan desa lahir melalui Pengabdian Masyarakat Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga.

“Keberadaan perpustakaan berbasis inklusi sosial yang diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat Desa Pesing dan sekitarnya melalui pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan mata pencaharian,” kata Dr. Rahma Sugihartati disela acara pelatihan teknis pengelolaan perpustakaan di Kantor Desa Pesing, pada Selasa (27/10/2020).

Keberadaan perpustakaan desa diharapkan mampu mendukung tujuan tersebut melalui tersedianya koleksi tepat guna. Koleksi tersebut meliputi bagaimana cara bercocok tanam yang baik, bagaimana beternak dan berkebun yang sesungguhnya.

Lebih jauh kata Dosen Ilmu Informasi dan Perpustakaan FISIP Universitas Airlangga ini menjelaskan, bahwa paradigma perpustakaan desa tidak hanya sebagai gudang buku, tetapi harus dapat memberdayakan masyarakat melalui koleksi yang mampu memberikan pengetahuan yang membantu pekerjaan para petani dan profesi yang ada di Desa Pesing .

Demikian dengan keberadaan Perpustakaan Desa ini diharapkan dapat membantu anak sekolah dalam mendapatkan buku bacaan baik bacaan untuk mendukung belajar mereka di sekolah maupun bacaan ringan (leisure reading) seperti novel, komik, majalah dan sejenisnya dalam rangka untuk mengalihkan mereka menggunakan gadget atau handphone.

Menurut kepala Desa Pesing sangat bersyukur dengan lahirnya Perpustakaan Desa berbasis inklusi sosial tersebut. Kehadiran perpustakaan itu diharapkan mampu menjawab persoalan minat baca anak di tengah perkembangan teknologi informasi.

“Seiring dengan kemajuan teknologi informasi perlu adanya pengalihan dari ketergantuangan handphone bagi anak-anak sekolah,” ujar Kepala Desa Pesing, Oktotina Mayline Aryanti Hidayat, SE.

Oleh karena itu harapannya para pelajar dapat memanfaatkan koleksi perpustakaan desa ini untuk membantu mendapatkan pengetahuan dari sumber bacaan yang telah disediakan.

Perpustakaan ini kedepannya tidak hanya menyediakan koleksi tercetak melainkan juga menyediakan koleksi digital. Tentunya bimbingan dari Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Unair diharapkan mampu membawa Perpustakaan Desa Pesing menjadi lebih baik dan berkembang menuju perpustakaan model untuk tingkat kabupaten Kediri bahkan tingkat regional Jawa Timur, harapan kadesnya.

Dengan upaya yang dibangun melalui kerjasama oleh Kades Pesing dan Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan diharapkan mampu memancing desa dan kelurahan lain dalam mendirikan perpustakaan desa sehingga tujuan pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat dapat meningkat.

Bahkan juga mampu meningkatkan kinerja individu dari usia balita, anak, remaja dewasa hingga manula. Oleh sebab itu, dibutuhkan upaya pengelola perpustakaan yang melibatkan karang taruna, Ibu-ibu kelompok pengajian, PKK dengan dukungan masyarakat setempat. [nm/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar