Pendidikan & Kesehatan

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Kabupaten Kediri Gelar Lomba Inobel

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pendidikan terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di wilayahnya. Tidak hanya menyasar para siswa, Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri juga mendorong para guru, untuk terus melahirkan inovasi kreatif dalam proses belajar mengajar. Salah satu wadahnya melalui gelaran lomba pengembangan inovasi pembelajaran bagi guru PAUD PKK. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan dan memotivasi inovasi- inovasi yang ada di masing – masing satuan pendidikan ini diikuti sedikitnya 24 peserta dari berbagai kecamatan. Harapannya dengan adanya lomba ini nantinya inovasi tersebut dapat dipublikasikan untuk selanjutnya ditiru seluruh sekolah TK dan PAUD di Kabupaten Kediri, bahkan bila perlu untuk sekolah di luar Kabupaten Kediri.

Dalam lomba ini, para peserta mempraktekkan cara penyampaian guru, penguasaan materi, dan pengelolaan kelas serta membuat media pembelajaran, yang ada dalam metode terbaru, yakni strategi pembelajaran ‘STEAM’, yang merupakan singkatan untuk Sains (science), Teknologi (technology), Teknik (engineering), Seni (art) dan Matematika (mathematic). Pasalnya metode ini merupakan paradigma pembelajaran baru yang tidak hanya dilakukan di Indonesia, namun telah dijalankan di sejumlah negara seperti Amerika dan Australia.

Model pembelajaran STEAM sendiri merupakan sebuah pendekatan pembelajaran terpadu yang mendorong siswa untuk berpikir lebih luas tentang masalah di dunia nyata. STEAM juga mendukung pengalaman belajar yang bermakna dan membekali peserta didik tentang pemecahan masalah, serta berpendapat bahwa sains, teknologi, teknik, seni dan matematika saling terkait.

Dr. Nur Miftahul Fuad S.Pd., M.Pd, Kasi SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, selaku juri mengatakan. “Dengan adanya lomba ini akan memotivasi para guru untuk melakukan inovasi pembelajaran, memotivasi guru dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran, menghasilkan karya inovasi pembelajaran bagi guru, mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran, menampilkan hasil karya inovasi pembelajaran,” ucapnya.

Fuad menambahkan, dengan lahirnya berbagai inovasi kreatif dari para guru di Kabupaten Kediri ini, para guru dapat berbagi keterampilan proses yang baik dalam pembelajaran serta mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa, sehingga harapan ke depannya, berbagai inobel yang telah dinilai oleh tim juri bisa diaplikasikan secara luas.

Untuk diketahui, dalam lomba tersebut untuk masing – masing pemenang adalah Juara 1 di menangkan oleh TK PKK Klepek Kecamatan Kunjang, juara 2 TK PKK Sumberjo Kecamatan Kandat, juara 3 TK PKK Medowo Kecamatan Kandangan, juara Harapan 1 TK PKK Tugurejo Kecamatan Ngasem, juara Harapan 2 TK PKK Slumbung Kecamatan Ngadiluwih, juara Harapan 3 TK PKK Purwodadi Kecamatan Ringinrejo, sementara tim juri adalah juri 1 Dr. Nur Miftahul Fuad S.Pd., M.Pd, juri 2 Suwantini S.Pd., M.MPd, Juri 3 Yusak Suryawan S.Pd.SD. [adv kominfo/nm]





Apa Reaksi Anda?

Komentar