Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Desa Dagan Launching Perpusdes Dialogy

Saat kegiatan Launching Perpustakaan Desa Dialogi dan Penyerahan Penghargaan kepada para pemenang lomba menulis puisi, di Balai Desa Dagan.

Lamongan (beritajatim.com) – Pemerintah Desa Dagan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan telah melaunching Perpustakaan Desa (Perpusdes) Dagan Dialogy, pada Sabtu (25/9/2021). Perpusdes ini dimaksudkan agar mampu meningkatkan minat baca dan gerakan literasi masyarakat setempat.

Turut hadiri dalam kegiatan launching tersebut di antaranya Camat Solokuro Hari Agus Santa Pramono, Sekretaris Kecamatan Muh Husairi, Kepala Desa Dagan Warjidan, sejumlah pimpinan dari masing-masing Lembaga Pendidikan dan pimpinan dari Lembaga dan Banom Nahdlatul Ulama (NU) yang ada di Desa Dagan.

Kegiatan launching yang digelar di Balai Desa Dagan ini diresmikan secara simbolis dengan penabuhan gong dan mengusung tema ‘Mewujudkan Masyarakat Literasi’. Diketahui, selain melaunching Perpusdes, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba menulis puisi.

Adapun lomba tersebut meliputi 3 kategori sekaligus, yakni kategori anak-anak, remaja dan dewasa. Untuk kategori anak-anak ini dimenangkan oleh Farisya Camelia Dafi, lalu kategori remaja dimenangkan oleh Rosa Nurul Latifah, sedangkan untuk kategori dewasanya dimenangkan oleh Ahmad Hasan.

Pada kesempatan tersebut, Camat Solokuro, Hari Agus mengungkapkan, bahwa untuk membekali generasi pemimpin masa depan, cara ampuh yang harus disiapkan adalah melalui pendidikan dan literasi. Sehingga, literasi tersebut diharapkan bisa menunjang kompetensi dan bakat untuk menjadi pemimpin.

“Meningkatkan minat baca masyarakat saat ini memang sangat sulit, karena masyarakat sekarang dominan mencari dan membaca informasi dari Smartphone dibanding dari buku. Padahal, membaca buku mempunyai banyak manfaat seperti melatih daya ingat dan meningkatkan ide-ide kreatif,” terang Hari Agus.

Sementara itu, Kepala Desa Dagan, Warjidan menuturkan, bahwa pihaknya sangat mendukung penuh atas dibukanya Perpusdes ini. Lebih jauh Warjidan mengatakan, melalui Perpusdes ini nalar dan pengetahuan masyarakat diharapkan menjadi tinggi.

“Kami sangat mengapresiasi gerakan literasi yang digaungkan ini. Tak lupa, saya ucapkan selamat kepada para pemenang lomba menulis puisi. Kami berharap Perpusdes ini dapat meningkatkan baca masyarakat, sehingga pengetahuan dan nalar masyarakat menjadi tinggi,” ujarnya.

Tak cukup itu, Warjidan juga menilai, dengan meningkatnya minat baca masyarakat, maka nantinya masyarakat akan lebih teliti dalam menilai dan membaca informasi sehingga terhindar dari hoax. “Masyarakat yang tidak melek media akan sangat mudah dibohongi informasi dan bisa saja mengalami kerugian secara finansial maupun mental,” pungkasnya.[riq/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar