Pendidikan & Kesehatan

Tingkatkan Imunitas Dengan Membiasakan Minum Probiotik

Surabaya (beritajatim.com) – Kehidupan New Normal yang diterapkan pemerintah bukan tanpa resiko, bahaya virus Covid-19 terus mengintai. Untuk itu masyarakat harus menjaga imunitasnya agar tak mudah diserang virus, salah satunya dengan budaya hidup sehat mulai dari olahraga, istirahat yang cukup serta mengkonsumsi suplemen seperti probiotik.

Salah satunya dengan mengkonsumsi suplemen PRO EM01 yang memiliki mikrobiota yang baik untuk tubuh dan mampu memproduksi imun. PRO EM01 adalah konsentrat minuman sehat probiotik yang berisi probiotik multi-strain, menguntungkan, hidup, aktif dan selaras dengan alam.

‚ÄĚProbiotik yang beragam sudah membentuk food cycle atau ekosistem kecil di dalam produk, sehingga mempunyai masa simpan yang panjang. Selanjutnya probiotik dalam PRO EM-l akan membentuk relasi simbiosis dengan mikroba alami termasuk virus yang ada dalam saluran cerna membentuk ekosistem yang lebih besar yaitu mikrobiota. Bisa dikatakan PRO EM-l adalah imunomodulator,” ungkap Presdir PT Agro Mitra Alimentare (AMA), Apt. Ge Recta Geson, S.Si.

Dikatakan, Mikrobiota yang ada dalam saluran cerna (gut) akan menstimulasi sel limfatik pada usus untuk memproduksi 70-80% imun yang beredar dalam tubuh. Mikrobiota memodulasi dan mengedukasi imun yang diproduksi dalam saluran cerna (gut). Pada gilirannya imun yang optimum ini akan mengendalikan mikrobiota dalam seluruh organ tubuh. Sehingga bisa terhindar dari segala macam penyakit.

Hal senada dikemukakan pula oleh Prof. Subijanto Marto Sudarmo, Guru Besar FK-Unair yang mengatakan merawat mikroba baik jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan menghancurkan mikroba jahat.

“Merawat mikroba baik lebih penting daripada menghancurkan mikroba jahat. kita tidak bisa hidup tanpa mikroba, karena jika kita membersihkan mikroba maka kita akan lemah dan tidak bisa hidup menjadi manusia,” ujar Prof Subijanto yang adalah pakar probiotik.

Dia juga mengatakan bahwa ada sekitar 1100 miliar mikroba yang hidup di usus manusia, hal ini menjadikan usus merupakan organ penting dalam sistem kesehatan manusia. “Jika kita bisa mempertahankan 80 persen mikroba baik di usus kita dan membiarkan 20 persen mikroba jahat, maka kita akan sehat dan terhindar dari banyak penyakit, jadi sangat penting kita makan makanan atau minuman berfermentasi agar asupan probiotik kita tetap terjaga,” tambah Prof Subijanto. [rea/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar