Pendidikan & Kesehatan

Tingkatkan Herd Imunity, Ratusan Relawan Vaksinator Gresik Disebar

Gresik (beritajatim.com) – Ratusan relawan vaksinator asal Gresik usai dikukuhkan langsung disebar ke sejumlah titik. Langkah ini diambil guna meningkatkan herd imunity (kekebalan tubuh) masyarakat.

Ada 136 vaksinator relawan ‘Gresik Tangguh’ yang diterjunkan diterjunkan untuk membantu tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di puskesmas maupun rumah sakit.

Selain mengukuhkan relawan Gresik Tangguh. Juga ada bantuan 15 ton beras dari Kopri Gresik yang digunakan untuk memperkuat logistik di posko Covid-Gresik.

“Para relawan tenaga nakes yang dipersiapkan kali ini akan menjadi tenaga vaksinator di beberapa tempat. Diantaranya di Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP), obyek wisata Desa Setigi dan Wagos di Kecamatan Ujungpangkah. Kemudian wisata Pantai Delegan Panceng dan obyek wisata Edu Lontar Sewu Menganti,” ujar Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), Senin (2/08/2021).

Gus Yani menambahkan, saat ini kasus covid di Gresik sudah mulai melandai. Strategi kita yaitu melakukan akselerasi percepatan vaksinasi. Para tenaga relawan nakes ini sebagai persiapan bila pada bulan Agustus dan September 2021 ada droping besar vaksin.

“Sesuai yang diperkirakan oleh Pemerintah pusat, pada akhir 2021 sudah harus tercapai 70 persen masyarakat Indonesia yang sudah di vaksin,” ungkapnya.

Sementara itu, Kordinator Relawan Gresik Tangguh Thoriqi Fajrin mengatakan, animo yang mendaftar sebagai relawan sangat besar untuk membantu percepatan herd imunity.

“Semula yang mendaftar ada 300-an orang, setelah melalui seleksi hanya 136 orang yang terpilih,” katanya. (dny/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar