Pendidikan & Kesehatan

Tim Satgas dan Relawan Kompak Antisipasi Penyebaran Covid-19

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah petugas medis hingga tim relawan di Pamekasan, bahu membahu melakukan proses penyemprotan disinfektan sebagai upaya mengantisipasi, sekaligus mencegah penyebaran wabah virus corona, Selasa (24/3/2020).

Mereka terdiri dari Tim Satgas Pencegahan Covid-19 Pamekasan, di antaranya dari unsur Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI-Polri, Palang Merah Indonesia (PMI) hingga komunitas relawan di kabupaten Pamekasan. Sasaran penyemprotan difokuskan di sejumlah pusat keramaian, perkantoran, perumahan hingga lembaga pendidikan.

“Kegiatan ini merupakan tanggungjawab kita sebagai masyarakat, apalagi sebagai salah satu elemen masyarakat kami juga berkewajiban melakukan sesuatu yang bermanfaat. Salah satunya dengan kegiatan penyemprotan disinfektan ini,” kata salah satu relawan Pamekasan, Wahyudi.

Memang saat ini belum satupun warga Pamekasan yang dinyatakan tertular Covid-19, hanya saja proses pencegahan sangat penting dilakukan. “Hal ini menjadi salah satu bentuk tanggungjawab kami sebagai relawan, dan kami juga harus selalu berjaga-jaga sebagai bentuk pencegahan,” ungkapnya.

Sejumlah Tim Relawan Berpose di Sela Giat Penyemprotan.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Markas PMI Pamekasan, Yulianto Priyatno. Proses penyemprotan disinfektan dilakukan terjadwal sesuai dengan prosedur yang berlaku. “Giat ini sebagai langkah antisipatif demi mencegah penyebaran virus corona di kabupaten Pamekasan,” kata Yuli.

“Giat penyemprotan ini kita lakukan sesuai jadwal hingga beberapa hari kedepan, bahkan tidak menutup kemungkinan juga bakal ada penambahan titik penyemprotan di luar jadwal yang sudah ada. Prinsipnya demi kemaslahatan dan kemanusiaan,” jelasnya.

Berdasar jadwal penyemprotan yang tertera, PMI Pamekasan memfokuskan pada 20 titik pusat keramaian yang tersebar di sejumlah titik di Pamekasan. Namun dalam dua hari terakhir, mereka juga melakukan proses penyemprotan disinfektan di beberapa titik berbeda.

“Jadi giat ini sebagai salah satu bentuk upaya dan ikhtiar untuk mencegah penyebaran virus corona di Pamekasan, namun kegiatan ini juga dibutuhkan kerjasama dari semua pihak khususnya elemen masyarakat sebagai langkah antisipatif. Di antaranya dengan tetap melaksanakan imbauan dari pemerintah, baik pusat, provinsi maupun daerah,” imbuhnya.

Dari itu pihaknya juga mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama menerapkan pola hidup bersih dan sehat, tentunya demi menjaga berbagai kemungkinan. “Terpenting kita selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat sesuai dengan anjuran yang sudah ada,” imbaunya. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar