Pendidikan & Kesehatan

Tim Covid Hunter Polres Gresik Buru Pelanggar Protokol Kesehatan

Gresik (beritajatim.com) – Masyarakat Gresik saat ini harus berhati-hati. Jika ketahuan melanggar protokol kesehatan, tim mobile covid hunter sudah diterjunkan di lapangan. Keberadaan tim gabungan itu terdiri personel TNI, Polri, dan Satpol PP tersebut untuk memburu warga yang melanggar Perbup 22 tahun 2020 tentang Penegakan Protokol Kesehatan.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menuturkan, tujuan diterjunkannya tim covid hunter ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus memutus penyebaran mata rantai virus Covid-19.

“Tim covid hunter ini nantinya mengendarai mobil serta motor berkeliling memburu warga yang melanggar protokol kesehatan,” tuturnya, Rabu (16/09/2020).

Masih menurut Arief, dalam penegakan protokol kesehatan kali ini, tim gabungan covid hunter langsung melakukan penindakan bukan lagi sosialisasi. Pasalnya, sosialisasi sudah dilakukan sebelum mengkedepankan penindakan.

“Warga yang terjaring ada dua pilihan bisa membayar denda, atau kerja sosial,” paparnya.

Dalam razia kali ini, pihaknya tidak segan-segan bertindak tegas. Penindakan itu tidak hanya berlaku pada warga saja. Tapi juga pelaku usaha maupun karyawan perkantoran yang melanggar.

“Ada sanksi yang mengancam jadi masyarakat tak perlu kuatir. Asal tak melanggar protokol kesehatan,” ungkap Arief Fitrianto.

Tim covid hunter terdiri 18 personel gabungan yang dilibatkan dalam memburu warga yang melanggar. Tim ini nantinya terus melakukan mobilitas sambil berkeliling setiap saat memburu warga yang bandel, dan tak mau menerapkan protokol kesehatan. Baik itu tidak mengenakan masker, berkerumun serta tidak menjaga jarak (physical distancing).

Sementara itu, berdasarkan data Satgas Covid-19 hingga 16 September 2020, pasien yang terkonfirmasi positif ada 2.989 orang. Sementara pasien yang sembuh mencapai 2.510 orang. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar