Pendidikan & Kesehatan

Tiga Ruang Operasi di RSD dr. Soebandi Jember Ditutup

Direktur RSD dr. Soebandi Hendro Soelistijono

Jember (beritajatim.com) – Tiga dari sembilan ruang operasi di Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi di Kabupaten Jember, Jawa Timur, ditutup sementara, karena pandemi Covid-19. Jumlah operasi pun berkurang drastis.

“Pasti menurunkan rondo operasi, yang tadinya per hari bisa 27 operasi elektif, sekarang sebelas operasi. Sangat banyak turunnya, karena itu kan tim,” kata Direktur RSD dr. Soebandi Hendro Soelistijono, Selasa (10/11/2020).

Penutupan ruang operasi juga tak lepas dari adanya tenaga kesehatan yang terinfeksi Covid. Sebanyak empat orang dokter dan 21 orang perawat di sana sempat terkena Covid-19. Namun kini mereka sudah sembuh.

“Alhamdulillah. Teman-teman langsung kami isolasi dan terapi. Mereka sudah return to work. Suratnya sudah resmi kami sampaikan ke Dinas Kesehatan sebagai laporan. Intinya kami tidak mau bermain-main dengan keselamatan pasien,” kata Hendro.

“Dalam satu IBS (Instalasi Bedah Sentral), ada 70 orang lebih yang bekerja. Kalau ada kontak erat satu hasil tracing-nya (maka harus dilakukan isolasi),” kata Hendro. RSD dr. Soebandi berupaya melakukan swab rutin untuk memantau kondisi para tenaga kesehatan dan agar bisa bekerja lebih cepat. Saat ini jadwal antrean operasi sudah sampai pada Januari 2021. “Kita pilih berdasarkan waktu lamanya operasi,” kata Hendro. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar