Pendidikan & Kesehatan

Tiga Kunci Sukses Negara Tangani Pandemi Covid-19

Virus Corona Covid-19

Jember (beritajatim.com) – Abubakar Eby Hara, pakar ilmu Hubungan Internasional Fisip Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengatakan, ada tiga kunci sukses sebuah negara dalam menangani pandemi Covid-19, yakni state capacity (kemampuan negara), social trust (kepercayaan sosial), dan leadership (kepemimpinan).

Eby mengatakan, Indonesia bisa belajar pada Vietnam yang sukses menekan jumlah penderita Covid-19, dengan memberlakukan karantina secara tegas bagi warganya dan melakukan pelacakan yang cermat. “Pemerintah Vietnam rupanya telah belajar banyak pada penanganan pandemi SARS pada tahun 2002 lalu yang banyak memakan korban jiwa di Vietnam,” katanya, dalam webinar bertema “ASEAN Menyongsong Era New Normal: Kontribusi dan Inovasi Perguruan Tinggi’, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej, Selasa (14/7/2020).

Bentuk dan sistem pemerintahan tidak selalu berkorelasi langsung dalam kesuksesan penanganan pandemi Covid-19. Kapasitas negara lebih berkaitan dengan kemampuan birokrasi negara, khususnya birokrasi kesehatan dalam menangani pandemi Covid-19. Ini termasuk bagaimana negara memberikan fasilitas kesehatan beserta bantuan kepada warganya yang terkena Covid-19.

Kunci kedua adalah kepercayaan sosial untuk membangun persatuan dan kesatuan. Kesetiakawanan nasional dibutuhkan dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang mengubah sendi-sendi kehidupan sosial.

Berikutnya adalah faktor kepemimpinan. “Pemimpin diharapkan mampu membuat keputusan yang baik dan tepat dalam menangani pandemi Covid-19 berdasarkan kajian ilmiah, dan bukan untuk kepentingan politik tertentu,” kata Eby.

Namun, menurut Eby, tensi politik di beberapa negara Asean justru memanas saat penanganan pandemi Covid-19 seperti Filipina dan Kamboja. “Pasalnya kepala negara menggunakan undang-undang darurat untuk memperkuat posisi politiknya,” katanya. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar