Pendidikan & Kesehatan

Thailand Lebih Siap Manfaatkan Sertifikasi Halal daripada Indonesia

Jember (beritajatim.com) – Indonesia masih kalah dalam pemanfaatan sertifikasi halal bagi produk dibandingkan Thailand. Padahal, Indonesia memiliki jumlah populasi pemeluk agama Islam terbesar di dunia.

“Kita jangan hanya menjadi pasar, namun juga harus mengambil untung dari pasar yang sangat besar ini. Selama ini yang begitu terhadap sertifikasi halal ini justru Thailand yang masyarakat muslimnya adalah minoritas,” kata Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI, Sukoso, dalam webinar bertema Peningkatan Akses Produk Halal di Indonesia, yang terpusat di lantai III Kantor Pusat Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (18/7/2020).

Menurut Sukoso, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej, Indonesia adalah pangsa pasar halal terbesar dunia. Namun kesadaran masyarakat untuk melakukan sertifikasi halal terhadap produk dan jasa yang mereka miliki masih rendah.

Sukoso mengingatkan, jika pelaku usaha di Indonesia tidak memperhatikan sertifikasi halal terhadap produk atau jasa, mereka akan sulit bersaing dengan produk dari luar. “Saat ini seluruh produk yang masuk ke Indonesia sudah dilengkapi dengan label halal,” katanya.

Minat masyarakat terhadap produk halal semakin meningkat. Masyarakat lebih suka memilih produk yang berlogo halal dan tersertifikasi. Pemerintah sudah mengatur hal tersebut dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. “Undang-undang ini mengatur setiap produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal,” katanya.

Sesuai dengan undang-undang itu, setiap pelaku usaha yang memproduksi produk dari bahan yang berasal dari bahan tidak halal tidak dapat mengajukan permohonan sertifikat halal. Bahkan mereka wajib mencantumkan keterangan tidak halal pada produk mereka. “Ini semat-mata dalam rangka memberikan perlindungan pada konsumen terkait kejelasan produk yang mereka beli,” kata Sukoso. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar