Pendidikan & Kesehatan

Tes Kesehatan Jangan Hanya Formalitas

‎Surabaya (beritajatim.com) – Kecelakaan kerja maupun Penyakit Akibat Kerja (PAK) menjadi momok di dunia industri sejak lama. Banyak perusahaan yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan tetapi pemeriksaan tersebut belum berbasis risiko pekerjaan.
Saat ini dunia industri hanya melakukan pemeriksaan kesehatan yang sifatnya parsial. Hanya sekadar memenuhi persyaratan-persyaratan pemeriksaan kesehatan untuk pemenuhan administrasi.
“Walaupun penerapan K3 di tempat kerja telah dilakukan, maka persyaratan-persyaratan K3 juga harus dilakukan karena sifatnya mandatory,” ungkap Dwi Suharsono Soehoed, S.SOS MM yang merupakan Direktur Utama Biro Sertifikasi Indonesia (BSI) dalam Seminar Nasional K3, yang dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Teknik K3 Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) dengan Asosiasi Ahli K3 (A2K3) Jawa Timur, Rabu (2/6/2021).
Sementara itu Edi Priyanto, S.KM MM menyampaikan materi mengenai produktivitas di era pandemi saat ini. Keselamatan kerja dikelola bisnis global saat ini bahwa 1) semakin banyak masyarakat dunia yang peduli keselamatan dan Kesehatan karena berdampak pada perekonomian, 2) peraturan dan standard keselamatan semakin ketat, 3) konsumen semakin kritis dalam memberikan masukan, 4) standard dan norma-norma global,
5) keselamatan menjadi strategi bisnis global, 6) persyaratan tentang K3 harus dipenuhi 7) setiap perusahaan harus mampu dalam meningkatkan daya saing untuk menciptakan nilai unggul.
“Kasus kecelakaan kerja terjadi disebabkan karena faktor manusia meskipun ada dua lainnya, yaitu unsafe action dan unsafe condition. Di dalam tempat kerja sekecil apapun unsafe action harus dilaporkan apabila tidak segera dilakukan penanggulangan akan terjadi Near- misses/First Aid,” paparnya.
Ditambahkan, Continuous Improvement menjadi basis terkait penerapan SMK3 dalam mewujudkan safety culture. Attitude (perilaku/sikap positif) sangatlah penting dalam individu untuk menerima, memahami dan melaksanakan perilaku aman (safe behavior).[rea]


Apa Reaksi Anda?

Komentar