Pendidikan & Kesehatan

Terus Bertambah, Positif Corona di Jombang Capai 15 Orang

Jombang (beritajatim.com) – Tren kenaikan jumlah pasien positif Covid-19 (virus corona) di Jombang terus berlanjut. Jika sebelumnya jumlah pasien positif 12 orang, malam ini jumlah tersebut bertambah 3 pasien sekaligus. Sehingga hingga Senin (11/5/2020) jumlah pasien positif corona capai 15 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang Budi Winarno menjelaskan, secara komulatif untuk pasien terkonfirmasi sampai dengan hari ini sebanyak 15 orang. Tambahan tiga orang tersebut meliputi 1 orang terkonfirmasi baru dan 2 PDP (pasien dalam pengawasan) yang naik status ke terkonfirmasi.

Tiga pasien positif itu masing-masing K (51), perempuan asal Kecamatan Tembelang. Yang bersangkutan saat ini dirawat di RSI Jemursari Surabaya. Kemudian MI (43), laki-laki asal Kecamatan Sumobito dan sekarang posisi dirawat di RSUD Jombang, serta K (40), wanita asal Kecamatan Sumobito. Saat ini K menjalani isolasi di RSUD Jombang.

“Sebanyak 15 pasien positif itu, 3 orang isolasi di RSUD Jombang, menunggu hasil swab negatif kedua; 2 orang isolasi mandiri di rumah menunggu hasil swab negatif kedua; 8 orang isolasi di rumah sakit; serta 2 orang dinyatakan telah sembuh,” ujar Budi merinci, Senin (11/5/2020).

Budi kemudian menjelaskan, sampai dengan 11 Mei 2020 jumlah ODR (orang dengan risiko) di Kabupaten Jombang sebanyak 11.193. Dari jumlah itu, ada penambahan sebanyak 90 orang. Karena jumlah sehari sebelumnya 11.103 ODR. Dari data ODR saat ini, lanjut Budi, sebanyak 9.682 orang telah selesai pemantauan 14 hari.

Bagaiman dengan perkembangan orang dalam pemantauan (ODP)? Budi mengungkapkan, sampai dengan hari ini ODP di Kabupaten Jombang sebanyak 612 orang. Rinciannya, 573 orang dengan kondisi sehat dan 3 orang meninggal, serta 37 orang masih dalam tahap pemantauan. Dari jumlah ODP sampai dengan hari ini ada penambahan 1 orang dari yang sebelumnya sebanyak 611.

Sedangkan perkembangan pasien dalam pengawasan (PDP), Budi menjelaskan, sampai saat ini PDP di Kabupaten Jombang secara komulatif sebanyak 18 orang. Dari 18 orang tersebut, 3 orang telah selesai pemantauan 14 hari dan 2 orang isolasi mandiri, serta 5 orang meninggal dunia.

“Sebanyak 8 orang masih menjalani isolasi di rumah sakit. Dari jumlah komulatif tersebut yang sebelumnya pada 10 Mei 2020 sebanyak 20 orang. Dua orang PDP naik status menjadi terkonfirmasi,” pungkas Kepala Dinas Kominfo Jombang ini. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar