Pendidikan & Kesehatan

Terpapar Covid-19 dari Istri, Warga Kota Mojokerto Meninggal

Pasien AM dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Balongsari sesuai protokol pemakaman jenazah Covid-19. [Foto: istimewa

Mojokerto (beritajatim.com) – Seorang laki-laki asal Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, berinisial AM positif Covid-19 dari hasil uji swab yang dilakukan pada 13 Juni 2020. Sebelum hasil swab keluar, Jumat (19/6/2020), pasien berusia 42 tahun meninggal pada Minggu (14/6/2020).

Pasien yang meninggal tersebut terpapar terpapar dari istrinya, LM (50). Ibu rumah tangga tersebut diagnosa awal sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) yang dinyatakan positif virus corona pada Selasa (16/6/2020). LM menjalani isolasi mandiri di rumah.

Sementara pasien AM, diagnosa awal sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). AM masuk Rumah Sakit (RS) swasta di Kota Mojokerto pada, Jumat (12/6/2020) dan keesokan harinya dirujuk ke RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Sebelumnya pasien AM sudah menjalani rapid test.

“Hasil rapid test yang dilakukan pada 10 Juni lalu, hasilnya reaktif. Sehingga saat AM dirujuk ke RSU langsung dilakukan uji swab dan hasilnya baru keluar hari ini. AM dinyatakan positif Covid-19,” ungkap, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya.

Masih kata Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Mojokerto ini, hasil tracing ada dua orang yang kontak erat dengan AM yakni istri dan satu orang anak. Keduanya sudah menjalani rapid test, namun baru istri pasien AM yang menjalani uji swab dengan hasil positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya. [Foto: misti/bj.com]
“Istri AM sudah terlebih dulu dinyatakan positif. LM menjadi pasien positif 41 Kota Mojokerto dan sekarang menjalani isolasi mandiri di rumah. Sementara AM, sebelum hasil swab keluar dan dinyatakan positif, sudah meninggal. Dia meninggal Minggu lalu,” jelasnya.

Lanjut Kepala Dinas perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto ini, AM meninggal pada 14 Juni 2020 saat menjalani perawatan di RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. AM dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Balongsari sesuai protokol pemakaman jenazah Covid-19. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar