Pendidikan & Kesehatan

Terapi Plasma Konvalesen Pasien Covid-19 di RSSA Kota Malang 90 Persen Sembuh

Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Terapi plasma konvalesen bagi pasien terpapar Covid-19 di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang diklaim memiliki tingkat kesembuhan sebesar 90 persen. Ketua Tim Peneliti Terapi Plasma Konvalesen dr Putu Moda Arsana, SpPD, K-EMD, FINASIM mengungkapkan, penelitian terapi dilakukan sejak April 2020.

“Dalam penelitan kami sebanyak 48 pasien melakukan terapi ini dan 90 persen dinyatakan berhasil sembuh,” ujar Putu, Selasa, (8/12/2020).

Putu mengatakan, ke depan terapi plasma konvalesen akan dijadikan sebagai standar pelayanan pasien Covid-19. Sebab, hasil yang didapat dari terapi ini kepada pasien dianggap cukup bagus. “Bahkan, untuk pasien yang sudah kritis, tingkat keberhasilan mencapai 50 persen,” ujar Putu.

Persoalan yang menjadi kendala adalah minimnya jumlah pendonor plasma. Memang tidak semua bisa menjadi pendonor. Ada syarat khusus bagi pendonor yakni pernah dinyatakan positif Covid-19 dan kini sudah dinyatakan sembuh atau hasil uji swab terakhir dinyatakan negatif.

“Selain telah dinyatakan negatif, pendonor harus memiliki golongan darah cocok dengan penerima donor, serta memiliki antibodi yang tinggi. Permintaannya sekarang mulai meningkat, kami bahkan tidak bisa memenuhi permintaan,” papar Putu.

Putu mengatakan plasma konvalesen memiliki antibodi yang tinggi. Biasanya terdapat pada pasien yang memiliki gejala sedang hingga berat. Sejauh ini, paling banyak pendonor berasal dari kalangan tenaga kesehatan.

“Karena antibodi yang tinggi ini bisa didapat dari pasien terkonfirmasi positif dengan gejala sedang hingga berat. Sampai sekarang kebanyakan pendonor plasma konvalesen datang dari tenaga kesehatan,” tandas Putu. (luc/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar