Pendidikan & Kesehatan

Tempat Usaha di Magetan Masih Banyak Langgar Aturan PPKM

Magetan (beritajatim.com) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Magetan saat melakukan patroli masih menemukan banyak tempat usaha yang melanggar aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

“Kegiatan patroli menyasar sejumlah pelaku usaha maupun perorangan dalam rangka PPKM mikro,” kata Kabid Gakda Satpol PP Magetan Fery Yoga saat patroli di kawasan Kota Magetan, Sabtu (6/3/2021).

Menurut dia, kegiatan patroli tersebut sebagai upaya mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai dengan instruksi Bupati Magetan Nomor 2/2021 tentang PPKM berbasis mikro dan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Magetan.

“PPKM mikro sebenarnya full kewenangan dari desa atau kelurahan, penindakan dilakukan berjenjang dari mulai desa atau kelurahan dahulu kemudian kalau tidak sanggup baru melapor ke kecamatan atau kabupaten,” papar Fery.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar membiasakan diri untuk selalu menerapkan kebiasaan baru demi mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Magetan,” tambahnya.

Ia mengatakan, hasil dari kegiatan tersebut, masih ditemukan beberapa pelaku usaha maupun pembeli yang terdapat belum menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Masih ditemukan pelanggan yang nongkrong melebihi jam 21.00 WIB, belum menerapkan jaga jarak dan jam buka,” katanya.

Fery mengatakan, sanksi yang diberikan berupa push up dan peringatan tertulis untuk tidak buka melebihi pukul 21.00 WIB dan mematuhi instruksi Bupati Magetan Nomor 2/2021.

“Inspeksi berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Kami berharap masyarakat sadar tentang penerapan protokol kesehatan di tempat umum agar tidak ada lagi sanksi seperti ini. Kami juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini,” tutupnya.(asg/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar