Pendidikan & Kesehatan

TeleCovida, Aplikasi Pengendalian Kasus Covid yang Melibatkan Masyarakat

Surabaya (beritajatim.com) – TeleCovida resmi diluncurkan oleh tim pengendalian Covid-19 RS Lapangan Indrapura, Senin (17/8/2020). Aplikasi ini pun diperuntukkan guna menekan pandemi Covid-19.

“TeleCovida merupakan aplikasi kontrol sosial pengendalian kasus Covid-19 yang diluncurkan RS Lapangan dengan melibatkan warga,” kata Penanggung Jawab Layanan Medis RS Lapangan Indrapura, Surabaya, Dr Agus Harianto di Surabaya, Senin.

Agus menungkapkan, alasan aplikasi TeleCovida diciptakan karena banyaknya kasus Covid-19 sejak tiga bulan lalu. Pihaknya pun mencoba menerapkan dengan mengajak masyarakat untuk mengawasi dan melaporkan jika ada pelanggaran protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Di aplikasi itu tidak hanya penindakan tapi juga langkah persuasi yang dilakukan aparat seperti polisi, Satpol PP dan relawan,” ujarnya.

Agus mengakui dibutuhkan aplikasi agar masyarakat bisa melaporkan pelanggaran Covid-19 secara sistem. Dari sistem tersebut RS Lapangan bisa melakukan pendekatan ke masyarakat terkait pencegahan Covid-19. “Masyarakat bisa mengunduh aplikasi ini di playstore. Untuk mekanismenya, masyarakat dapat mendaftarakan diri sebagai relawan atau masyarakat yang peduli dengan lingkungan,” ujarnya.

Selanjutnya, di dashboard TeleCovida terdapat pengaduan. Pada pengaduan tersebut bisa diisi pelanggaran yang terjadi, seperti tidak pakai masker dan berkerumun. “Relawan bisa memasukkan alamat kejadian dan domisili serta menyertakan foto. Semua data bisa dilihat di command center,” kata Agus. [kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar