Pendidikan & Kesehatan

Tekanan Darah Sopir dan Penumpang di Terminal Kertajaya Diperiksa Dinkes

Mojokerto (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Mojokerto dan Unit Pelaksana Teknik Lalu-lintas Angkutan Jalan (UPT LLAJ) Mojokerto, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur melakukan tes kesehatan bagi sopir dan penumpang di Terminal Kertajaya Kota Mojokerto.

Kepala Dinkes Kota Mojokerto, Christiana Indah Wahyu mengatakan, sesuai dengan instruksi dari Kementerian Kesehatan dalam pengamanan perjalanan mudik dalam rangka Idul Fitri 1440 H, jajaran kesehatan harus ikut serta dalam keamanan pengemudi dan penumpang.

“Kita utama pengemudi jalur panjang, Surabaya-Jogjakarta, Surabaya-Ponorogo. Karena membawa penumpang banyak, keselamatan penumpang, sopir atau penggunaan jalan lainnya. Sehingga kita lakukan tes kesehatan,” Jumat (31/5/2019).

Masih kata Indah, penumpang jika merasa tidak nyaman bisa memeriksa kesehatannya dan nantinya petugas akan memberikan obat-obatan yang bisa dibawa dalam perjalanan. Indah menjelaskan, pengemudi ada dua pemeriksaan yakni tekanan darah dan narkoba.

“Tens, jika tinggi maka kita anjurkan minum obat dan vitamin karena mereka fokus pada jalan raya yang cenderung macet. Perenggangan, diharapkan setiap empat jam agar sopir dan penumpang harus berhenti untuk melakukan perenggangan. Itu sangat bermanfaat,” katanya.

Masih kata Indah, jika dalam perjalanan di posko berikutnya merasa tidak nyaman diharapkan istirahat. Jika ada sopir positif narkoba harus turun dan diganti sopir pengganti koordinasi dengan PO. Dari hasil tes, sebanyak 23 sopir tidak ditemukan positif narkoba.

“Hipertensi ada, kita anjurkan segera minum obat tapi kebetulan puasa. Kita sarankan untuk hati-hati, jika ada tanda-tanda tensi naik dengan rasa pusing, kesemutan diharapkan tidak melanjutkan perjalanan. Jangan menunggu terjadi sampai hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Indah menambahkan, pemeriksaan kesehatan tersebut akan ada di posko gabungan antara Dinkes, BNNK dan Dinas Perhubungan Kota Mojokerto selama arus mudik dan balik lebaran. Bagi sopir yang sudah melakukan pemeriksaan akan dipersilahkan melanjutkan perjalanan. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar