Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Tekan Stunting, Arumi Bachsin Kampanyekan Gemarikan di Jombang

Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin di Balai Desa Jogoroto Jombang, Rabu (25/5/2022)

Jombang (beritajatim.com) – Ketua Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Jawa Timur Arumi Bachsin melakukan kunjungan ke Balai Desa Jogoroto. Kecamatan Jogoroto, Jombang, Rabu (25/5/2022). Istri Wagub Jatim Emil Dardak ini mengkampanyekan gemar makan ikan atau gemarikan. Dalam kunjungan itu, Arumi didampingi Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Arumi mengatakan, salah satu penyebab tingginya angka stunting adalah masih terbatasnya kesadaran masyarakat akan pentingnya nilai gizi dan risiko stunting. Sehingga hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah untuk menekan angka stunting dan gizi buruk. Nah, salah satu upaya untuk menekan angka stunting adalah dengan gemarikan.

Menurut Arumi, ikan sangat relevan untuk mendukung program perbaikan gizi masyarakat dan penanganan stunting. Hal itu mengingat ikan sebagai sumber protein memiliki beragam keunggulan dibanding produk hewan lainnya.

“Ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat baik untuk pertumbuhan sel-sel tubuh manusia. Mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat mencegah berbagai risiko penyakit,” tutur Arumi di hadapan hadirin.

Dalam kesempatan itu, Arumi juga mengajak ibu-ibu yang hadir bersama balitanya untuk berani maju ke depan panggung. Mereka diminta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Arumi. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana wawasan mereka akan pentingnya nilai kandungan gizi dan protein dalam ikan yang dapat menstimulasi perkembangan otak anak.

“Karena ikan kaya akan asam lemak omega 3 (ikan laut) dan omega 6 atau asam linoleat (ikan air tawar), sehingga hal ini berpengaruh langsung terhadap peningkatan kecerdasan dan sumber daya manusia di masa yang akan datang. Jadi makain ikan sangat penting bagi kita,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Bupati Mundjidah Wahab mengatakan, prevalensi stunting di Kabupaten Jombang mengalami penurunan dari tahun 2018 sebesar 20,1 % menjadi 17,9% pada 2019. Kemudian pada 2020 turun lagi menjadi sebesar 16,9%.

Kampanye Gemarikan di Balai Desa Jogoroto, Kecamatan Jogoroto, Jombang

“Saat ini prevalensi stunting di Kabupaten Jombang berdasarkan bulan timbang Februari tahun 2021 adalah sebesar 13,1% atau 9.462 balita yang tersebar di 11 kecamatan. Kesadaran akan pentingnya pemenuhan kandungan gizi dan protein dari ikan yang bermanfaat langsung bagi tumbuh kembang anak perlu ditingkatkan. Meski Jombang tidak punya laut tapi kita punya hasil perikanan darat, air tawar,” kata Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Bupati Jombang juga berharap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, dapat memberikan program programnya lebih dari sekali dalam setahun di Kabupaten Jombang. “Bahkan kalau bisa, kita tidak hanya mendapatkan umpannya, namun juga bisa mendapatkan kailnya untuk di Kabupaten Jombang,” tambahnya.

Selain Arumi dan Mundjidah, acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Agus Purnomo, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Wiwin Sumrambah, Kepala OPD terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang, Camat Jogoroto dan jajaran Forkopimcam Kecamatan Jogoroto, Kepala Desa Jogoroto, serta tim panitia perluasan Gemarikan. [suf]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar