Pendidikan & Kesehatan

Tekan Penyebaran Covid-19 di Desa Zona Merah, Polresta Mojokerto Lakukan Rapid Test Acak

Rapid test acak yang dilakukan terhadap warga Desa Bendung, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Ada dua desa dan kelurahan yang dijadikan sebagai Kampung Tangguh Semeru di wilayah hukum Polresta Mojokerto. Yakni Kelurahan Prajurit Kulon, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto dan Desa Bendung, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.

Kapolresta Mojokerto, AKBP Bogiek Sugiyarto mengatakan, dengan adanya dua Kampung Tangguh Semeru di wilayah hukum Polresta Mojokerto secara efektif diharapkan mampu mencegah penyebaran Covid-19 secara masif khususnya di wilayah hukum Polresta Mojokerto.

“Kedepan akan lebih banyak lagi, ini sangat efektif karena melibatkan masyarakat sendiri. Kita hanya pendukung saja, masyarakatlah yang berpartisipasi aktif melakukan pencegahan dalam penyebaran Covid-19 di wilayahnya,” ungkapnya, Selasa (2/6/2020).

Kapolresta Mojokerto AKBP Bogiek Sugiyarto. [Foto: misti/bj.com]
Tak hanya itu, saat ini pihaknya juga melakukan evaluasi rapid test secara acak terhadap Desa Bendung yang terkonfirmasi positif lima orang tersebut. Perangkat setempat juga berupaya dengan menerapkan protokol kesehatan 24 Jam non stop, khususnya di jalur one gate pintu masuk pemukiman warga.

“Ini sebagai upaya penekanan penyebaran Covid-19 ke luar Desa Bendung yang berasal dari transmisi luar menjadi transmisi lokal. Sengaja rapid test acak untuk mengetahui apakah desa ini sudah benar-benar zero Covid-19, terlebih jika nantinya ke-5 pasien terkonfirmasi tersebut sembuh,” katanya.

Dari rapid test acak yang dilakukan di Desa Bendung terhadap 72 warga saat peresmian Kampung Tangguh Semeru pada, Senin (1/6/2020) kemarin, hasil seluruhnya non reaktif. Sementara dari lima pasien positif Covid-19 di Desa Bendung, satu diantaranya sembuh. Yakni perempuan, inisial IF (35) yang merupakan pedagang mlinjo yang sebelumnya diisolasi di RSUD Prof Dr Soekandar, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar