Pendidikan & Kesehatan

Taruna AAL Tambah Ilmu dengan Lomba Diskusi

Surabaya (beritajatim.com) – Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) pada masa Pandemi Covid-19 ini,  tidak menghalangi Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk kreatif dan produktif melawan kejenuhan dengan mengasah kemampuan olah pikirnya,  salah satunya menggelar Lomba Diskusi Kelompok dan Naskah Akademik Taruna .

 Lomba Diskusi Kelompok dan Naskah Akademik Taruna yang digelar di Gedung Maspardi, Kesatrian Bumimoro AAL, Surabaya ini, disaksikan Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S. E., M. M,  Wagub AAL Brigjen TNI Endi Supardi, S. E,  Seklem dan Pejabat Utama dijajaran AAL lainnya.

 Lomba Diskusi Kelompok dan Naskah Akademik Taruna antara tingkat dilingkungan Taruna AAL ini,  juga merupakan tindak lanjut dari Kuliah Umum Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,  S. E., M.M. kepada Taruna AAL pada 1 Mei 2020 lalu.

 Saat itu, Kasal meminta kepada Taruna AAL sebagai calon pemimpin TNI/TNI AL ini, turut menyumbangkan buah fikirannya yang dituangkan dalam bentuk naskah akademi dan mendiskusikannya dalam forum resmi diskusi kelompok dengan difasilitasi lembaga (AAL).

 Dalam kesempatan tersebut, Taruna Tingkat lV menyuguhkan naskah akademik dengan judul: Optimalisasi Proses Pendidikan di AAL guna mempersiapkan Taruna sebagai perwira TNI AL yang profesional menghadapi peperangan non  konvensional di masa depan, yang dipaparkan Sermatutar (P) Bernadus Bima.

 Tingkat lll dengan judul Upaya mewujudkan generasi perwira TNI AL yang memnguasai teknologi dan bermoral dalam melaksanakan tugas TNI AL dimasa depan, yang dipaparkan Sermadatar (P) Yudha Bagaswara.

 Sementara itu Tingkat ll yang dipaparkan Sertar (P) Freddie Mada Prawira dan Sertar (T) Dzikri Nurfatih Santika mengusung jujul Optimalisasi Sumber daya Manusia guna meningkatkan kemampuan artificial intelligence sistem Kodal dalam rangka mendukung tugas TNI AL. Dan Tingkat I yang dipaparkan Koptar (P) Ali Akbar, Koptar (P) Alfan Prasurya dan Koptar (P) Alita Sabrina mengangkat judul Optimalisasi Taruna AAL generasi Zilenial dalam mendukung pencapaian TNI AL menjadi World Class Navy.

 Forum diskusi berjalan hangat, para pemapar tiap kelompok berhasil memaparkan naskah akademiknya dengan baik, hal tersebut terbukti dengan banyaknya pertanyaan, sanggahan dan saran yang dilontarkan taruna lainnya sebagai audience forum diskusi tersebut.

 Gubernur AAL yang hadir menyaksikan jalannya diskusi mengungkapkan rasa bangganya terhadap anak didiknya yang berhasil menyelesaikan naskah akademik dengan materi yang berbeda dan dibuka dalam forum diskusi akademi.

 Forum ini lanjut Gubernur AAL, selain sebagai upaya melawan kejenuhan saat hari libur ditengah pandemi Covid-19 ini, juga sangat bagus untuk menambah wawasan pengetahuan dan keilmuan dari sudut pandang yang berbeda dari para pemapar yang membawakan materi.

 “Salut buat kalian semua, yang telah berhasil menuangkan ide dan gagasan dalam naskah akademik, untuk itu jangan pernah takut menuangkan konsep pikiran dalam tulisan untuk kemajuan TNI AL kedepan,” pungkasnya.(ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar