Pendidikan & Kesehatan

Tarik Pendonor Plasma, JCI East Java Gandeng Influencer dan Bagi Voucher Belanja

Surabaya (beritajatim.com) – Lima minggu berjalannya donor plasma konvalesen yang digelar Junior Chamber International (JCI) East Java hanya mendapatkan 60 kantong darah plasma konvalesen dari 30 pendonor, karena ketatnya screening oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya.

Padahal, target yang ingin dicapai dapat mengumpulkan 200 kantong darah plasma untuk membantu pasien Covid-19.

Untuk mendongkrak banyaknya calon pendonor plasma konvalesen, JCI East Java menggandeng influencer dan menambah hadiah voucher belanja Rp 350 ribu bagi pendonor yang lolos screening disamping juga menyiapkan uang tunai Rp 250 ribu. Langkah ini dilakukan agar target 200 kantong darah plasma konvalesen dapat tercapai.

“Jadi, kita menyediakan berbagai macam voucher dari brand-brand pilihan. Ini sebagai rewardnya buat para pendonor, supaya menarik minat dari para pendonor semakin banyak dan mengenal gerakan kita ini,” ujar Project Director Donor Plasma Konvalesen JCI East Java, Yohan Tanoko di Gedung Srijaya Surabaya, Minggu (1/8/2021).

Influencer sekaligus pemilik Kebab Turki Baba Rafi Hendy Setiono juga digandeng JCI East Java untuk mengajak pengikutnya yang penyintas Covid-19 agar tergerak menjadi pendonor plasma konvalesen.

“Untuk mau mengerahkan pengikut-pengikutnya terutama di Instagram supaya bisa lebih tahu tentang gerakan kita dan terketuk hatinya,” imbuh Yohan.

Hendy Setiono yang juga penyintas Covid-19 merasa bersyukur diajak JCI East java untuk menjadi pendonor plasma konvalesen, dan dirinya ke depannya akan mengajak penyintas lainnya agar mensukseskan gerakan sosial membantu pasien yang sekarang sedang berjuang sembuh dari paparan virus corona.

“Saya mengajak juga teman-teman alumnus Covid-19 lain yang sudah sembuh dan ternyata ajakan saya disambut positif. Saya melihat banyak dari mereka yang sudah sembuh, sudah menerima plasma donor dan tergerak untuk mendonorkan dan berkontribusi sebagai donor plasma kepada yang lain,” kata Hendy.

Hendy yang juga pengusaha muda ini menyarankan agar masyarakat yang menjadi penyintas Covid-19 ikut mendonorkan plasma darahnya di Gedung Srijaya tiap Minggu.

“Akan sangat membantu sekali buat misi pemerintah dalam memerangi dari adanya pandemi Covid-19 ini,” ajaknya. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar