Pendidikan & Kesehatan

Tarif Swab Tes Mandiri di Bangkalan Sebesar Rp 1,7 Juta

Foto: Kadinkes Bangkalan, Sudiyo

Bangkalan (beritajatim.com) – Tarif swab tes mandiri telah ditetapkan secara serentak oleh Kementrian Kesehatan sebesar Rp 900 ribu. Namun, di salah satu klinik di Kabupaten Bangkalan, tarif swab tes masih ada yang dipatok sebesar Rp 1,7 juta.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) setempat, Sudiyo mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima Surat Edaran (SE) mengenai hal tersebut.

“SE belum kita terima, namun berapapun harus diikuti sebab itu sudah menjadi keputusan pusat,” ucapnya, Minggu (4/10/2020).

Yoyok sapaan akrabnya mengatakan, nantinya penerapan tarif tersebut akan berlaku sejak SE diterima oleh masing-masing wilayah secara estafet akan dikirimkan dari pusat dan diteruskan ke daerah.

“Ya, Harusnya ketika sudah menerima SE, harus diterapkan. Kita tunggu saja, biasanya dari pusat ke Provinsi, lalu dari Dinkes Provinsi dikirim ke Dinkes Kabupaten/Kota,” imbuhnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Bangkalan, Hotib Marzuki mengatakan, penetapan besaran tarif dari pusat harus segera diaplikasikan di setiap instansi kesehatan yang menyediakan fasilitas swab tes. Hal itu diperlukan agar mempermudah masyarakat untuk melakukan swab mandiri.

“Pemerintah harus tegas menindak manakala ada Laboratorium atau instansi yang melakukan monopoli terhadap pelayanan swab,” tandasnya. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar