Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Tarif PCR di RSUD Syamrabu Sebesar Rp 495 Ribu

RSUD Syamrabu Bangkalan.

Bangkalan (beritajatim.com) – Penurunan tarif tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Presiden RI, Joko Widodo. juga diberlakukan di Kabupaten Bangkalan.

Direktur RSUD Syamrabu Bangkalan, dr Nunuk Kristiani menyebutkan, saat ini tarif PCR di rumah sakit yang ia pimpin sebesar Rp 495 ribu. Tarif ini berlaku untuk pemeriksaan PCR oleh pemohon mandiri.

“Untuk tarif PCR sebesar Rp 495 ribu, antigen Rp 125 ribu serta antibodi sebesar Rp125 ribu, tarif tersebut sudah berlaku sejak kemarin,” ujarnya, Senin (23/8/2021).

Ia mengatakan, jumlah pemohon mandiri hingga saat ini belum cukup banyak. Setiap harinya hanya berkisar 3 sampai 5 pemohon.

“Gak banyak, setiap hari di bawah 5 orang saja. Biasanya pemohon mandiri untuk keperluan naik pesawat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan, Sudiyo menyebutkan penetapan tarif untuk rumah sakit swasta akan mengikuti aturan dari Kemenkes. Sehingga, pihaknya tidak mengetahui besaran tarif tersebut.

“Itu (RS Swasta) langsung dari Kemenkes,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya hanya melayani pengambilan sample pemeriksaan tes PCR di masing-masing puskesmas. Itupun, sample yang diambil merupakan hasil tracing ataupun pasien Covid-19 baik yang dirawat maupun melakukan isolasi mandiri.

“Kami di puskesmas hanya pengambilan spesimen dari pasien lalu pemeriksaan dibawa ke RSUD Syamrabu,” tandasnya. [sar/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar