Pendidikan & Kesehatan

Target Vaksinasi 100 Ribu Lansia, Ini yang Dilakukan Satgas Vaksin Ponorogo

Vaksinasi lansia di hall Ponorogo City Center (PCC). (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Target vaksinasi 100 ribu lansia yang harus selesai pada bulan ini, terus dikebut oleh satgas vaksin Ponorogo. Pada hari ini, Jumat (10/6) melakukan vaksinasi dengan sasaran 2000 lanjut usia (lansia). Vaksinasi dilakukan terpadu di hall Ponorogo City Center (PCC). Target sasaran hari ini bisa lebih, seiring dengan kemudahan diberikan. Yakni, untuk pra lansia dan lansia yang belum daftar secara online, diperbolehkan langsung datang untuk melakukan vaksinasi.

“Hari ini target 2000 lansia dilakukan vaksinasi, bahkan jumlah tersebut bisa lebih karena pra lansia dan lansia boleh langsung datang meski belum daftar secara online,” kata Kabid Pencegahan dan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, Heni Lestari, Jumat (10/6/2021).

Lebih lanjut, Heni menjelaskan bahkan ada kemudahan lagi bila pendamping yang berusia 18 tahun ke atas, membawa lebih 2 orang lansia atau pra lansia, mereka bisa diberikan vaksin. “Jadi bagi warga yang berusia 18 tahun ke atas bisa melakukan vaksinasi, apabila mereka membawa 2 lansia atau pra lansia untuk melakukan vaksinasi,” katanya.

Selain untuk lansia, vaksinasi di PCC hari ini juga diperuntukkan bagi tenaga pendidik dibawah naungan kantor Kemenag Ponorogo. Heni menyebut jika pada minggu depan, pihaknya akan memaksimalkan vaksinasi di tiap-tiap fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di semua kecamatan di Ponorogo. Hal itu dilakukan untuk memudahkan vaksinasi bagi lansia yang berada di desa-desa.

“Untuk lansia di desa-desa efektif dilakukan vaksinasi di fasyankes tiap-tiap kecamatan. Kalau lansia di kecamatan kota, memang lebih mudah dipusatkan di PCC,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar