Pendidikan & Kesehatan

Tanpa Partisipasi Masyarakat, Sulit Covid-19 Berakhir

Pamekasan (beritajatim.com) – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Ahmad Marzuki menilai sangat sulit memutus rantai penyebaran wabah Coronavirus Disease 2019 tanpa peran serta atau partisipasi dari seluruh masyarakat.

Terlebih proses penanganan maupun pencegahan wabah juga tidak cukup hanya dengan beraagam upaya pemerintah melalui Tim Satgas Penanganan Covid-19, tim dokter maupun tenaga medis lainnya. Tetapi partisipasi masyarakat secara umum sangat penting untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Prinsipnya antisipasi dan pencegahan wabah Covid-19 ini menjadi tugas bersama, dalam artian tidak cukup hanya mengandalkan petugas pemerintah. Jadi semua elemen masyarakat juga harus sama-sama terlibat untuk memutus rantai penyebaran wabah ini,” kata Ahmad Marzuki, Sabtu (28/11/2020).

Selama ini tim satgas, petugas Puskesmas hingga pemerintah desa bekerja keras untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. “Hanya saja jika hal itu tidak dibarengi dengan sikap disiplin masyarakat untuk bersama memutus rantai ini, tentunya sangat sulit menekan wabah ini,” ungkapnya.

“Dari itu, pattisipasi masyarakat sangat kami harapkan untuk bersama memtus rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan tetap disiplin menerapkan 3M, rajin mencuci tangan, selalu mengenakan masker dan selalu menjaga jarak,” imbau Pak Marzuki.

Bahkan dalam sepekan terakhir, angka kasus positif Covid-19 di kabupaten Pamekasan, kembali naik dan terus melonjak. Terdata sebanyak 30 orang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 sejak Minggu hingga Sabtu (22-28/11/2020), termasuk beberapa pasien positif juga meninggal dunia.

Berdasar update peta sebaran Covid-19 di Pamekasan, saat ini total pasien positif Covid-19 terdata sebanyak 424 orang, meliputi sebanyak 40 orang dalam tahap isolasi, sebanyak 40 orang meninggal dunia, serta sebanyak 344 orang lainnya dinyatakan sembuh.

Sementara untuk status suspect terdata sebanyak 998 orang, meliputi sebanyak 27 orang dalam tahap pengawasan, sebanyak 64 orang meninggal dunia, serta sebanyak 907 orang lainnya dinyatakan selesai atau negatif Covid-19. [pin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar