Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Tangkal Hoaks, PWI Bojonegoro Berikan Edukasi ke Pelajar

PWI Bojonegoro Gelar serangkaian kegiatan peringatan HPN 2022

Bojonegoro (beritajatim.com) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bojonegoro memberikan edukasi terhadap sejumlah pelajar serta memperkenalkan perbedaan kerja-kerja pers dengan media sosial. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Dalam kegiatan tersebut diharapkan para pelajar bisa memahami antara media sosial dengan media massa khususnya yang didistribusikan melalui jaringan internet, sehingga tidak mudah termakan informasi hoaks atau berita bohong. Apalagi, pembelajaran melalui daring yang lebih memberikan kebebasan pelajar dalam mengakses informasi melalui digital.

“Kami memberi edukasi pentingnya pemahaman antara media sosial dan media massa,”ujar Ketua Panitia HPN PWI Bojonegoro, Ririn Wedia usai kegiatan “Goes To School” di SMKN 2 Bojonegoro, Rabu (26/1/2022).

Dia mengatakan, ada sekitar 35 pelajar yang mengikuti acara Goes To School dengan semangat dan antusias. Tema yang dibahas dalam rangkaian kegiatan HPN yang diperingati pada 9 Februari tersebut, juga tidak lepas dari kehidupan sehari-hari yakni media sosial.

Terlebih, generasi muda sekarang lebih mudah mengakses internet dan mendapatkan informasi dari luar yang belum tentu kebenarannya. “Sementara, media massa memiliki peran penting menyebarkan informasi berdasar kaidah jurnalistik,” tukasnya.

Ketua PWI Bojonegoro, M Yazid, mengatakan, semua pelajar saat ini bebas menggunakan smartphone. Sehingga, mudah mengakses informasi apapun seperti media sosial maupun media massa. “Banyak sekarang media online yang bisa di akses untuk membaca berita,”ungkap Yazid.

Menurutnya, dengan sosialisasi dan edukasi melalui acara Goes To School kali ini bisa mengarahkan para pelajar agar bijak mengakses informasi melalui internet di era digitalisasi sekarang ini.

Sementara Waka Kesiswaan SMKN 2 Bojonegoro Darta Prasetiya mengapresiasi kegiatan PWI Bojonegoro yang memberikan ilmu bagi para pelajar di sekolahnya. “Sehingga, anak-anak kami bisa menyerap ilmu yang bermanfaat dari teman-teman PWI Bojonegoro,” pungkasnya. [lus/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar