Pendidikan & Kesehatan

Tangani Corona, Pemerintah Perlu Libatkan Tokoh Lokal Berpengaruh

Muhammad Iqbal, dosen ilmu komunikasi politik Universitas Jember

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah pusat dan daerah disarankan menangani penyebaran wabah corona dengan melibatkan tokoh lokal berpengaruh hingga tingkatan terbawah. Tokoh-tokoh lokal ini penting untuk menciptakan kepatuhan warga terhadap langkah-langkah pemerintah.

Perlunya pelibatan tokoh lokal dikarenakan hingga saat ini seruan pemerintah, baik melalui pejabat pusat maupun daerah, tidak didengar oleh rakyat. Masyarakat hingga saat ini cenderung abai terhadap seruan pemerintah agar menjaga jarak dan memenuhi protokol Covid-19.

“Aktor komunikasi tidak lagi mereka (pejabat pemerintah), tapi justru berkoordinasi dengan daerah untuk menentukan siapa yang dipandang jadi influencer, bukan hanya sampai tingkat desa, tapi rukun warga,” kata Muhammad Iqbal, dosen ilmu komunikasi politik Universitas Jember, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (24/4/2020).

Menurut Iqbal, saat ini modal sosial yang paling berharga adalah tokoh-tokoh warga. “Ini kalau kita tidak memilih cara represif (untuk menangani corona). Kalau kita pilih persuasif, tokoh warga dilibatkan. Bagaimana cara mengonsolidasikannya? Segerakan membangun jaringan komunikasi,” katanya. Tujuannya adalah menyebarkan standar prosedur komunikasi penanganan Covid-19.

Iqbal menyarankan perlunya dibuat grup-grup di media sosial seperti WhatsApp yang inklusif dengan melibatkan tokoh masyarakat lokal, dan bukan ekseklusif hanya pejabat pemerintah. Komunikasi publik menjadi kunci penanganan corona saat ini. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar