Pendidikan & Kesehatan

Tambahan Positif Covid 19 Banyuwangi Berasal dari Kluster Pelatihan Petugas Haji

Banyuwangi (beritajatim.com) – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, dr Widji Lestariono menyebut, ada tambahan tiga warga positif terinveksi virus corona atau covid 19. Satu orang meninggal, satu telah dinyatakan sembuh, sementara satu masih dalam pengawasan.

“Dan yang satu lagi, seorang pria, yang berasal dari kluster pelatihan petugas haji di Surabaya,” kata Rio, panggilan akrabnya, Jumat (10/4/2020).

Rio menyebut, kondisi pasien yang bersangkutan kini terus membaik. Saat ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP), terang Rio, dia hanya mengalami gejala klinis ringan.

“Besok, akan kami ambil swab-nya lagi untuk diuji ulang, apakah sudah negatif atau belum. Mengingat, selama status PDP ini, pasien hanya mengalami gejala ringan, dan bahkan kondisinya terus membaik sampai sekarang,” jelasnya.

Tim Penanganan Covid-19 Banyuwangi pun fokus melacak riwayat kontak pada dua pasien, baik pada keluarga maupun yang pernah kontak dengan mereka.

“Sudah ada puluhan orang dari hasil tracing. Mereka diprioritaskan untuk dilakukan uji cepat atau rapid test,” pungkas Rio.

Seperti diketahui, kluster “pelatihan petugas haji” pada pertengahan Maret lalu di Surabaya telah dipetakan oleh Pemprov Jatim sebagai salah satu kluster penyebaran virus corona. Pelatihan itu diikuti ratusan peserta se-Jatim. (rin/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar