Pendidikan & Kesehatan

Tambahan 2.920 Vaksin Sinovac Didistribusikan ke Gresik

Foto ilustrasi.

Gresik (beritajatim.com) – Sebanyak 2.920 vaksin sinovac dari Pemprov Jatim kembali didistribusikan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik dari total 5.920 vaksin. Pengiriman vaksin tahap kedua ini juga dikawal oleh aparat kepolisian dari Polda Jatim.

Kepala Dinas Kesehatan Gresik drg Syaifuddin Ghozali mengatakan, vaksin yang diterima sudah berada di gudang farmasi kesehatan (GFK). Dalam waktu dekat, vaksin itu akan langsung didistribusikan ke 56 fasilitas kesehatan (Faskes).

“Dari 5.920 vaksin itu ditarget habis sebelum akhir Januari 2021. Saat ini, dari jumlah itu sudah digunakan untuk vaksinasi sekitar 700 vaksin. Masih ada 5.200 vaksin yang belum digunakan,” ujar Ghozali, Rabu (20/01/2021).

Ia menambahkan, pada tahap kedua atau Bulan Februari 2021, Dinkes Gresik akan kembali mengusulkan sebanyak 2 ribu vaksin. Sasarannya nanti bukan hanya nakes tapi juga kepada anggota TNI/Polri yang jumlahnya sekitar 2.000-3.000 personel.

“Bulan depan sasarannya tiga elemen itu. Namun, untuk TNI/Polri yang mengusulkan dari instansi masing-masing. Kami hanya mengusulkan sekitar 2 ribu vaksin di tahap dua,” imbuhnya.

Vaksinasi terhadap para nakes di Gresik terus dilakukan di seluruh faskes yang telah ditunjuk. Namun, dari total kapasitas harian vaksinasi, tidak sepenuhnya terserap. Penyebabnya pun beragam seperti nakes yang sudah terjadwal urung atau ditunda vaksinasi karena belum memenuhi syarat screaning.

“Kalau di puskesmas hariannya 10 nakes. Tapi jumlahnya tergantung yang lolos. Untuk di rumah sakit sekitar 15 per hari dan ada kemungkinan ditambah lagi,” pungkas mantan Kepala Puskesmas Bungah itu. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar