Pendidikan & Kesehatan

Tambah 7 Orang, Pasien Positif di Kota Mojokerto Didominasi dari OTG

Jubir Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Ada tambahan tujuh pasien di Kota Mojokerto yang dinyatakan positif dari hasil tes swab yang keluar pada, Selasa (30/6/2020). Sebanyak tujuh pasien positif tersebut didominasi Orang Tanpa Gejala (OTG), sehingga jumlah pasien positif di Kota Mojokerto sebanyak 71 orang.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo mengatakan, penambahan angka positif tersebut masih didominasi warga dengan status OTG. “Empat dari tujuh pasien yang terkonfirmasi positif tersebut, merupakan warga yang sebelumnya berstatus OTG,” ungkapnya, Rabu (1/7/2020)

Masih kata, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Mojokerto ini, dua pasien berjenis laki-laki dan dua pasien berjenis perempuan. Dua lainnya merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang statusnya meningkat menjadi terkonfirmasi dan satu orang terkonfirmasi setelah menjalani rapid tes yang menunjukkan hasil reaktif.

Tujuh pasien terkonfirmasi positif tersebut berasal dari beberapa wilayah. Perempuan empat orang dari berasal dari Kecamatan Kranggan dan Magersari. Dengan rincian, satu orang yakni pasien positif 65 dan Kecamatan Magersari empat orang yakni pasien positif 67, pasien positif 69 dan pasien positif 71.

Sementara pasien berjenis kelamin laki-laki sebanyak tiga orang tersebut berasal dari Kecamatan Magersari. Yakni pasien positif 66, pasien positif 68 dan pasien positif 70. Dari tujuh pasien tersebut, dua di antaranya merupakan pekerja swasta dan tenaga kesehatan (nakes).

“Untuk pasien positif 65 bekerja sebagai pegawai swasta di perusahaan daerah Sidoarjo, dan setiap hari pulang pergi seorang diri. Sedangkan pasien 69 bekerja sebagai nakes yang kontak erat dengan pasien positif setiap harinya. Semua pasien, telah dilakukan prosedur penanganan sesuai dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Mulai dari evakuasi ke tempat observasi serta melakukan tracing kepada orang terdekat atau keluarga pasien untuk penanganan lebih lanjut. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto ini menambahkan, untuk keluarga pasien, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Mojokerto, telah lakukan rapid tes dan tes swab.

Peta Sebaran Covid-19 Kota Mojokerto per tanggal 30 Juni 2020, untuk Orang Dalam Resiko (ODR) bertambah menjadi 5.297 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 676 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 107 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 19 orang.

Untuk jumlah PDP yang meninggal hingga saat ini berjumlah tujuh orang. Sedangkan kasus pasien terkonfirmasi, bertambah menjadi 71 orang, sebanyak sembilan orang diantaranya dinyatakan sembuh, sebanyak empat orang meninggal dan sebanyak 58 masih dirawat. [tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar