Pendidikan & Kesehatan

Tambah 7 orang, Pasien Covid-19 di Ponorogo Kini Berjumlah 31

Bupati Ipong Muchlissoni (foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Setelah beberapa hari jumlah pasien positif Covid-19 di Ponorogo stagnan di angka 24 orang. Kali ini, pada Sabtu (30/5/2020) satgas penanggulangan Covid-19 bumi reyog mengumumkan ada tambahan lagi pasien yang positif Covid-19. Tak tanggung-tanggung tambahannya ada 7 orang.

“Hari ini tambah 7 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, jadi secara kumulatif jumlahnya ada 31 orang,” kata Bupati Ipong Muchlissoni, Sabtu malam.

Ipong mengungkapkan 6 dari 7 orang yang hari ini dinyatakan positif tersebut, bukan dari kluster penularan yang sudah ada. Melainkan, Ipong menyebutnya dari tranmisi lokal. Sebab 6 orang ini didapat dari hasil rapid test massal yang dilakukan menjelang idul fitri lalu, yakni pada tanggal 20-22 Mei 2020 yang dilakukan secara random di beberapa fasilitas umum di bumi reyog.

“Sedangkan satu orang yang positif ini warga asli Ponorogo namun ber-KTP Pasuruan. Yang bersangkutan sakit dan di rawat di Surabaya dan saat ini sudah sembuh. Karena pulang ke Ponorogo, mau tidak mau terhitung di sini, tetapi saya tegaskan lagi, saat ini Dia sudah sembuh,” katanya.

Disebut dari tranmisi lokal, karena tidak ada hubungannya dengan pasien Covid-19 sebelumnya. Hanya saja, satu dari 6 orang itu ada pedagang empon-empon yang pernah kontak dengan pasien PDP yang beberapa minggu lalu yang meninggal. Pedagang berusia 72 tahun ini pernah bolak balik Surabaya jualan empon-empon.

“6 orang ini, 2 diantara masing-masing mempunyai riwayat penyakit gagal ginjal dan jantung koroner. Sisanya 4 orang berstatua orang tanpa gejala (OTG),” pungkasnya. (end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar