Pendidikan & Kesehatan

Covid-19 Jatim

Tambah 11, Santri Gontor Sembuh dari Covid-19 Jadi 21 Orang

Ponorogo (beritajatim.com) – Kabar menggembirakan diterima satgas Covid-19 Gontor dari dari Rumah Sakit (RS) Darurat Indrapura Surabaya. Ya, RS di bawah naungan Pemprov Jatim itu mengabarkan bahwa 11 santri Gontor yang dirawat di sana sudah sembuh.

Mereka dinyatakan sembuh setelah hasil swab keluar Sabtu(18/7/2020) pagi. “Ada 11 santri yang hasil swabnya negatif, dan sudah diperbolehkan pulang ke Pondok Modern Darusalam Gontor (PMDG) Kampus 2,” kata Juru bicara Satgas Covid-19 Gontor Ustadz Dr. M. Adib Fuadi Nuriz, Sabtu sore.

Mereka yang hari ini dinyatakan sembuh, kata Ustadz Adib, segera dijemput tim Satgas untuk kembali ke PMDG Kampus 2. Namun, santri-santri yang sembuh tersebut, terlebih dulu dikarantina selama 14 hari. Meski dikarantina, mereka tidak sendirian, tim satgas akan melakukan pendampingan dan pemulihan psikologis mereka.

Salah satunya dengan program psychological healing yang melibatkan pakar-pakar psikologi dan edukasi. “Kami libatkan pakar psikologi, diantaranya Kak Uchon, dan ada juga Mifathul Jinan, salah satu pakar bidang pendidikan Islam,” jelas Ustadz Adib.

Satgas Covid-19 Gontor mengapresiasi penanganan santri Gontor 2 positif covid-19 yang dilakukan oleh pihak RS Darurat Indrapura Surabaya. “Saya sangat bersyukur atas terwujudnya kerja sama yang sangat bagus dengan RS Indrapura. Terbukti penanganan kita ini bisa diukur sesuai dengan protap dan SOP yang kita buat,” ujarnya.

Di samping itu, Satgas Covid-19 Gontor semakin mengintensifkan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di lingkungan PMDG. Sebagaimana instruksi Pimpinan PMDG, kampus-kampus cabang PMDG juga agar membentuk satgas. Itu penting dilakukan guna memudahkan koordinasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dengan satgas pusat yang di Gontor.

“Kita mendapat instruksi dari pimpinan agar masing-masing kampus PMDG membentuk satgas. Tentunya, ini merupakan langkah strategis sekaligus prefentif dan sangat positif. SOP satgas kampus cabang ini agar menginduk ke SOP satgas pusat,” kata Ustadz Adib.

Sebelumnya, Adib menceritakan, Tim Satgas Covid-19 Gontor telah melaksanakan rapat koordinasi dengan Satgas Covid-19 Gontor Kampus 3 Kediri dan Kampus Putri 5 Kediri, pada Jumat (17/7/2020) malam.

Dalam kesempatan tersebut, satgas pusat juga mendistribusikan bantuan logistik berupa obat-obatan, vitamin, masker, face shield, cairan disinfektan dan hand sanitizer kepada satgas covid-19 Gontor Kampus 3 dan Kampus Putri 5.

“Intinya, kita ingin bersama-sama mencegah dan menanggulangi bahaya Covid-19 agar semua santri dan guru bebas dari pandemi dan bisa beraktifitas sebagaimana biasa dan lazimnya, dan agar kita bisa menciptakan budaya bersih dan sehat di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini. Tentunya hal ini yang dinanti-nantikan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” pungkas Ustadz Adib. [end/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar