Pendidikan & Kesehatan

Tak Pakai Masker di Bangkalan, Denda Rp 50 Ribu atau Bersihkan Makam

Salah satu Pedagang menggunakan masker di Pasar

Bangkalan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, merevisi Peraturan Bupati (Perbub) nomor 46 tentang sanksi pelanggar protokol kesehatan. Di antaranya akan dikenakan denda sebesar Rp 50 ribu bagi warga yang tidak menggunakan masker.

Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra saat melakukan pembagian masker ke pasar Klampis, mengatakan. Peraturan tersebut juga mengatur sanksi denda maupun sosial.

“Kalau tidak memakai masker bayar denda atau membersihkan fasilitas umum, makam atau lainya,” kata Rama, Kamis (19/8/2020).

Tak hanya itu, sanksi juga akan diberlakukan pada pemilik usaha maupun pemilik hajatan yang melanggar protokol kesehatan. Nantinya sanksi juga berupa denda, pembubaran acara hingga pencabutan izin usaha bagi pemilik usaha.

“Nanti di Perbup akan dijelaskan secara detail dan sanksinya, tergantung pada tingkat pelanggarannya,” tambahnya.

Meski begitu, pihaknya saat ini gencar melakukan sosialisasi pada masyarakat agar nantinya bisa menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Tujuan Perbup tersebut bukan terletak pada nilai sanksi namun bagaimana agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sehingga angka Covid-19 dapat ditekan,” pungkasnya. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar