Pendidikan & Kesehatan

Tak Jaga Jarak, Polisi Tertibkan Antrean Banpres UKM

Jombang (beritajatim.com) – Petugas Polsek Peterongan, Jombang menertibkan antrean penerima Banpres (Bantuan Presiden) UKM (Usaha Kecil Menengah) di Kantor Unit Bank Rakyat Indonesia (BRI) setempat, Kamis (3/12/2020).

Antrean di BRI tersebut terjadi sejak seminggu terakhir ini. Warga yang menerima bantuan sebesar Rp 2,4 juta tersebut mengurus administrasi guna pencairan. Karena banyaknya yang menerima bantuan, antrean yang berjubel tidak terhendarkan.

Memang, mereka mengenakan masker, namun tidak menjaga jarak aman atau phisycal distanting. Antara pengantre satu dengan lainnya saling berdekatan. Apalagi lokasi kantor bank yang halamannya sempit. Yakni berada di tepi jalan nasional Jombang-Surabaya.

Karena itu pula, petugas dari Polsek Peterongan mendatangi lokasi. Korps berseragam coklat itu kemudian menertibkan antrean yang berjubel itu. Nampak pula sejumlah aparat TNI di lokasi. “Kita tertibkan, karena antrean tersebut tidak mengindahkan protokol kesehatan (prokes),” ujar Kapolsek Peterongan AKP Sudjadi.

Sudjadi menjelaskan, kapasitas BRI unit Peterongan hanya 50 orang, baik itu yang mengantre di dalam maupun di luar. Namun yang datang untuk mengurus pencairan Banpres UKM berlipat-lipat, yakni tembus 124 orang. Tentu saja, para pengantre tidak lagi mengindahkan jarak.

Polisi kemudian melakukan penertiban. Bahkan meminta sejumlah pengantre untuk balik kanan dan kembali ke rumah. Mereka diminta datang lagi ke BRI keesokan harinya. Selain itu, polisi juga meminta para pengantre yang masih di lokasi benar-benar menerapkan protokol kesehatan.

Karena hal itulah yang bisa memutus rantai penyebaran Covid-19. “Jangan sampai antrean ini memunculkan klaster baru Covid-19. Makanya harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Yakni, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta memakai masker,” pungkas Kapolsek Peterongan. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar