Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Tak Bisa Tunjukkan Kartu Vaksin, Pengunjung Mall Dilarang Masuk

Petugas mall saat melakukan screening dengan melihat kartu vaksin pengunjung

Surabaya (beritajatim.com) – Pasca ditutup dua minggu di masa PPKM, Pusat perbelanjaan di Kota Surabaya kembali dibuka. Namun dengan dibukanya seluruh mall di Kota Surabaya ini tak seimbang dengan para pengunjung yang datang karena peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Salah satunya di Galaxy Mall Surabaya, dalam antrean masuk mall, tak satu dua orang yang harus pulang karena tak dizinkan masuk lantaran tidak dapat menunjukkan kartu vaksin minimal dosis satu.

Seperti salah satunya Widiyana, warga Jemursari ini terpaksa harus pulang karena ia belum melakukan vaksin tahap pertama atau kedua. Dan ia baru membaca salah satu persyaratan jika harus membawa surat bukti antigen atau PCR pasca negative.

“Iya saya tadi niatnya mau beli seragam untuk kerja, tapi kebetulan saya penyitas dan belum vaksin dan baru baca kebijakannya jika penyitas harus menyertakan surat antigen atau pcr,” ungkap gadis berusia 20 tahun ini, Selasa (10/9/2021).

Hal berbeda dialami oleh Esti dan rekan kerjanya Hestidiah yang datang bersama ingin mencari sepatu kerja. Ia hanya menunjukkan kartu vaksin dan KTP kepada petugas di pintu masuk untuk melakukan screening. “Iya tadi dimintai kartu vaksin sama KTP pas mau masuk sama petugasnya lalu difoto baru bisa masuk. Dan kebetulan antre juga dengan pengunjung lainnya,” ujarnya.

Kebijakan baru diberikan oleh Pemerintah Pusat, setiap pengunjung wajib download dan terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi. Pengunjung wajib telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 minimal tahap pertama, Pengunjung wajib melakukan scan QR Code saat masuk dan keluar area mall.

Pengunjung yang memiliki riwayat kesehatan tertentu, sedang hamil atau tidak memenuhi syarat mendapatkan vaksin, wajib menunjukkan surat keterangan dokter dan Antigen Test (1 x 24 jam) atau PCR test (2 x 24 jam) dengan hasil negatif dan Anak-anak di bawah usia 12 tahun dan lansia di atas 70 tahun tidak diizinkan masuk ke area mall, serta Warga Negara Asing (WNA) wajib menunjukkan Antigen Test (1 x 24 jam) atau PCR test (2 x 24 jam) dengan hasil negatif (walaupun telah divaksin di negara asal), serta Kartu vaksin fisik atau hardcopy tidak berlaku. [way/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar